12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Android, Makin Mahir Tanpa Kursus

12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Android, Makin Mahir Tanpa Kursus

Di zaman modern ini, dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang dapat diambil dari mana saja. Untuk itu, penggunaan bahasa sangat diperlukan dalam komunikasi di zaman ini.

Akibatnya, keahlian bahasa menjadi salah satu hal yang penting dalam keseharian kita. Mulai dari bermain game, berpergian ke luar negeri, berselancar di dunia maya, bahkan ketika Anda ingin melamar pekerjaan.

Untuk pandai dalam berbahasa, memang ada kursus-kursus yang siap mengajari Anda bahasa yang ingin Anda pelajari. Namun, dengan hanya melalui 10 aplikasi di bawah ini, Anda dapat mempelajari bahasa dengan mudah, praktis, dan dapat Anda akses di mana saja dan kapan saja, tanpa harus membuat jadwal belajar, bahkan tanpa biaya!

Dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa untuk Android ini, Anda dapat mempelajari berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa spanyol, dan berbagai bahasa dari berbagai negara yang ada di dunia.

Apa saja aplikasi-aplikasi itu? Ini dia!

Memrise

Aplikasi Memrise ini dapat Anda unduh dan install dari Google Play Store dengan hanya berukuran 20 MB saja. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2013, dan pernah meraih penghargaan Google Play I/O untuk Aplikasi Terbaik pada tahun 2017.

Ketika Anda menggunakan Memrise untuk membantu pembelajaran bahasa, Anda dapat mempelajari bahasa dari penutur asli dengan antarmuka bahasa Inggris. Namun, tidak hanya bahasa Inggris, bahasa yang tersedia pada aplikasi ini mencakup bahasa Spanyol, Perancis, Jepang, Italia, Jerman, Korea, Arab, Rusia, Mandarin, Portugis, Dansk, Swensk, Polski, Norsk, Turki, Belanda, Islan, dan Mongol.

Pembelajaran yang diterapkan pada aplikasi ini bukanlah gaya pembelajaran yang membosankan, karena Anda dapat belajar melalui permainan (game) yang mengasyikkan.

Aplikasi ini juga menawarkan metode pengajaran yang berulang-ulang, sehingga dapat membantu Anda mengingat materi dengan mudah. Selain itu, terdapat fitur progress  dan reminder yang tentunya sangat berguna selama pembelajaran Anda. Karena fitur-fitur dan kelebihan dari aplikasi inilah yang menjadikannya sebagai aplikasi yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali.

Babbel

Aplikasi ini tersedia dalam 14 bahasa, yang terdiri dari bahasa Spanyol, Perancis, Italia, Jerman, bahkan bahasa Indonesia, dan banyak lainnya. Aplikasi ini dibuat oleh Babbel, dan Anda bisa mengunduh aplikasi Babbel yang sesuai dengan bahasa yang ingin Anda pelajari. Untuk setiap aplikasinya, memiliki ukuran sebesar kurang lebih 20 MB.

Aplikasi ini dapat membantu Anda yang masih memiliki tingkatan rendah dalam suatu bahasa asing, karena Babbel ini cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa dengan sistem level. Mirip game aja, ya! Dengan gaya pembelajaran seperti ini, membuat penggunanya bersemangat belajar bahasa agar dapat menaikkan levelnya.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak puluhan juta kali dan telah menemani banyak orang dalam belajar bahasa. Dan setiap aplikasinya memiliki rating di atas 4, loh. Jadi terpercaya banget, kan, kalau bisa belajar bahasa melalui aplikasi ini? Silahkan Anda unduh dan coba sendiri belajar bahasa melalui aplikasi Babbel ini!

Mondly

Aplikasi ini merupakan salah satu produk hasil dari dapur produksi Ati Studios yang dapat Anda unduh dan install dengan hanya berukuran 37 MB saja. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mendengarkan beberapa percakapan dan pembicaraan tentang kegiatan sehari-hari dari penutur bahasa aslinya. Aplikasi ini juga mencakup sebanyak 30 bahasa.

Anda juga dapat mengetahui seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapan Anda dalam suatu bahasa melalui fitur Speech Recognition yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Mondly juga memiliki metode belajar yang dibagi menjadi beberapa sesi dan disesuaikan dengan kemampuan serta kecepatan belajar Anda. Aplikasi ini sendiri telah diunduh oleh pengguna android sebanyak lebih dari 1 juta kali.

Rosetta Stone

rosseta

Aplikasi besutan Rosetta Stone ini dapat Anda unduh di Google Play Store dan hanya berukuran sebesar 57 MB. Pada aplikasi ini, tersedia 22 bahasa asing yang dapat Anda pelajari.

Ketika Anda mulai belajar bahasa melalui aplikasi ini, tentu pembelajaran Anda akan sangat menyenangkan nantinya. Ada beberapa unit materi yang dapat Anda pelajari, mulai dari language basics, greetings and introductions, word and school, hingga shopping.

Dengan tema-tema dari setiap unit yang menarik, Anda akan merasa belajar bahasa seperti belajar di sebuah kursus bahasa yang terkenal. Anda bisa bertemu dengan pengguna lainnya yang juga sedang belajar bahasa melalui aplikasi ini, karena aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali unduhan. Wah, keren ya!

Tandem Language Exchange

Aplikasi ini berukuran 23 MB dan merupakan hasil buatan dari Tripod Technology GmbH. Melalui aplikasi ini, selain dapat belajar bahasa yang diinginkan, Anda juga dapat berteman bahkan mengobrol langsung dengan pengguna Tandem lainnya di seluruh dunia. Tidak hanya itu, pengguna pun dapat menyewa pengajar online untuk mendapatkan pelajaran secara privat dengan harga yang sangat terjangkau.

Aplikasi ini menawarkan pembelajaran yang mencakup 150 bahasa dan 2.500 kombinasi bahasa. Dengan bantuan penutur bahasa asli, Anda dapat menguasai suatu bahasa asing dengan mudah. Karena fitur-fitur dan kelebihan yang ditawarkan, aplikasi ini telah menarik perhatian sebanyak 1 juta orang.

HiNative

HiNative merupakan aplikasi hasil karya dari lang-8, yang dapat Anda unduh dan install dengan hanya berukuran sebesar 26 MB. Tentu aplikasi ini sangat membantu anda karena ringannya aplikasi, dan juga karena aplikasi ini gratis!

Uniknya dari HiNative ini adalah, HiNative merupakan aplikasi belajar bahasa yang mempunyai sistem belajar tanya jawab, di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan dan berbicara dengan para penutur bahasa asli. Dengan sistem belajar tanya jawab ini, Anda akan tidak merasa kebingungan ketika tidak mengerti suatu materi bahasa, benar, bukan?

Apabila Anda juga ingin mempelajari aksen bahasa, Anda bisa mengunduh audio bahasa di aplikasi ini.

Selain melalui suara, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan menggunakan gambar apabila anda merasa kerepotan ketika bertanya sesuatu dan lebih terbantu menggunakan gambar. Hal ini tentu sangat berguna ketika Anda ingin mengetahui apa saja yang tertulis di lembar menu atau sebuah label.

Dan yang paling uniknya lagi, selain belajar bahasa, melalui aplikasi ini, Anda dapat meminta saran dan rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi ketika Anda sedang melakukan perjalanan atau sebuah wisata. Dengan begitu, tentunya akan mengurangi resiko masalah yang terjadi.

Aplikasi ini telah digunakan oleh banyak orang, terbukti dengan jumlah unduhannya yang mencapai lebih dari 1 juta kali.

Cake

Cake merupakan salah satu aplikasi khusus untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini ditawarkan oleh sebuah perusahaan bernama playlist Corporation, dan aplikasinya hanya berukuran 7,3 MB saja. Meski aplikasi ini baru dirilis pada tahun 2018, namun jumlah unduhannya sudah melampaui 10 juta kali unduhan. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Cake memang menjadi aplikasi belajar bahasa khusus bahasa Inggris yang sangat membantu banyak orang.

Apa saja fitur dan kelebihan dari aplikasi Cake ini? Hal yang membuat pembelajaran bahasa Anda menjadi sangat mengasyikkan, adalah Anda dapat mempelajari bahasa Inggris melalui percakapan yang singkat dan menyenangkan. Dan percakapan itu, dapat Anda nikmati melalui video-video dari Youtube yang telah diberi subtitle bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya.

Dari video Youtube tersebut, Anda dapat mempelajari sebuah kalimat atau grammar, dan bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah percakapan. Kalimat atau grammar yang sedang Anda pelajari di sebuah video singkat, nantinya akan diulangi selama beberapa kali, agar Anda dapat memahami penggunaannya.

Selain itu, Anda juga bisa berbicara dengan para penuturs asli bahasa Inggris melalui salah satu fitur speaking yang disediakan Cake. Anda juga bisa memeriksa pelafalan bahasa Inggris Anda melalui fitur AI Speech Recognition, merekam suara Anda dan mendapatkan feedback langsung. Nah, seru, kan, belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi Cake ini?

Busuu

Aplikasi ini ditawarkan oleh Busuu dengan hanya berukuran sebesar 16 MB. Melalui aplikasi ini, Anda dapat terbantu dalam terhubung dengan teman di belahan dunia lain yang juga sama-sama sedang belajar bahasa. Anda dapat terhubung dengan teman bahasa Anda melalui pesan teks, pesan suara, maupun video.

Aplikasi bahasa yang berhasil menarik perhatian sebanyak 10 juta orang ini memiliki fitur tes penempatan, yang mana nantinya akan menilai tingkat kesulitan bagi penggunanya, juga latihan aksen, kursus lengkap, tata bahasa, belajar offline, hingga mendapat sertifikasi. Menarik, bukan?

Duolingo

Duolingo. Ya, mungkin Anda sudah pernah mendengar nama dari aplikasi yang hanya berukuran sebesar 16 MB ini. Aplikasi ini dapat membantu para penggunanya, termasuk Anda, dalam mempelajari kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada bahasa tertentu yang ingin Anda pelajari.

Melalui aplikasi Duolingo ini juga Anda dapat belajar bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca materi yang tersedia dalam 20 bahasa. Dan Anda tidak perlu khawatir, jika Anda bosan ketika Anda belajar sendirian, Anda dapat mengajak teman, sahabat, dan keluarga Anda untuk membentuk sebuah grup dan berkompetisi seru dengan mereka.

Aplikasi ini sangat terkenal di kalangan pelajar bahasa melalui aplikasi, yang dibuktikan dengan prestasi unduhannya yang menembus angka lebih dari 100 juta kali unduhan, sehingga aplikasi Duolingo ini meraih penghargaan sebagai Aplikasi Terbaik pada tahun 2013.

Hello English

Aplikasi Hello English ini ditawarkan pertama kali pada tahun 2014 oleh sebuah perusahaan bernama Cultre Alley. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store dengan ukuran sebesar 37 MB saja. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

Aplikasi khusus belajar bahasa Inggris ini menyuguhkan beberapa fitur, salah satunya 475 pelajaran interaktif, yang disebut-sebut memiliki pelajaran interaktif gratis dengan percakapan bahasa Inggris, topik tata bahasa, kosakata, dan lain-lain.Dan Anda juga bisa mengakses setiap pelajaran secara offline, apabila Anda ingin menghemat kuota internet Anda.

Di aplikasi ini juga disediakan game interaktif tentang membaca, penerjemahan, pengucapan, tata bahasa, dan kosakata. Anda dapat langsung mendapatkan hasilnya, dan juga beberapa tips tata bahasa yang dapat membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris.

Selain itu, Anda juga dapat berdiskusi langsung dengan para guru dengan cara mengajukan pertanyaan tentang tata bahasa atau terjemahan, dan akan dijawab langsung oleh guru-guru Anda.

Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah game percakapan, kamus 10.000 kata, dan Anda dapat mengetahui peringkat Anda dalam peringkat pengguna aplikasi ini di seluruh dunia. Jadi semakin berkompetisi, ya, menggunakan aplikasi ini untuk belajar bahasa Inggris.

Drops

Aplikasi yang ditawarkan oleh Language Drops ini dirilis pertama kali pada tahun 2017. Drops memiliki beberapa seri aplikasi yang dibedakan menurut bahasa-bahasa. Ada Drops untuk bahasa Inggris, Jerman, Indonesia, Korea, Arab, Thailand, dan masih banyak lagi. Dan setiap aplikasinya, memiliki ukuran sebesar 27 MB saja. Aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali unduhan.

Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi Drops ini adalah menghilangkan kebosanan Anda ketika belajar bahasa. Memang, kebanyakan orang akan bosan jika harus belajar. Namun, dengan aplikasi Drops ini, Anda tidak perlu khawatir bosan!

Drops menyediakan belajar kosakata melalui sebuah permainan yang menegangkan. Benar-benar menghilangkan kebosanan, kan? Kosakata yang muncul nantinya akan sangat bermanfaat, dan kosakata-kosakata ini ditanamkan ke memori Anda melalui ilustrasi minimalis yang keren dan juga cepat, seperti bermain dalam game-micro.

Dan yang paling menariknya lagi, Anda hanya membutuhkan waktu sebanyak 5 menit sehari untuk belajar kosakata terbaru. Bukan belajar dengan waktu yang berjam-jam hingga merasakan bosan, Drops hanya membutuhkan waktu 5 menit Anda sehari untuk belajar kosakata. Kalau seperti ini, malah jadi ketagihan, ya?

Quizlet

Nah, aplikasi belajar bahasa yang kali ini ditawarkan oleh Quizlet, dan dirilis pertama kali pada tanggal 20 Agustus 2013. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store dengan hanya berukuran sebesar 11 MB saja.

Quizlet merupakan cara termudah untuk latihan dan juga menguasai apa yang akan Anda pelajari. Anda dapat membuat flashcard Anda sendiri dan pelajari atau pilih jutaan set yang telah dibuat oleh murid lain. Ada berbagai macam set tentunya yang dapat Anda temukan, karena aplikasi ini digunakan oleh banyak murid untuk membantunya dalam belajar bahasa.

Dengan mode Pelajari, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk tes dan ujian. Anda juga dapat mengetes hafalan Anda dengan mode Tulis. Tambah mengasyikkan lagi ketika Anda berpacu dengan waktu dalam Permainan Mencocokkan, dan mendengarkan teks dari bahasa yang sedang Anda pelajari, diucapkan dengan benar dalam 18 bahasa. Anda juga dapat meningkatkan pembelajaran Anda dengan gambar dan audio pilihan Quizlet.

Nah, kalau Anda sedang belajar bahasa untuk persiapan untuk tes seleksi masuk perguruan tinggi, selain untuk belajar bahasa, Quizlet juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Gunakan aplikasi Quizlet ini untuk pelajaran kosakata, bahasa Inggris, bahkan Anda dapat mempelajari biologi, kimia, dan pelajaran lain dengan hanya dalam satu aplikasi ini. Jadi selain belajar bahasa, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan Anda di pelajaran yang lain. Menarik, bukan?

Nah, itu dia 12 aplikasi belajar bahasa untuk Android yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan skill keahlian bahasa Anda. Dengan adanya aplikasi-aplikasi gratis ini, belajar bahasa menjadi sangat mudah dilakukan. Apalagi dengan fitur-fitur yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan penutur bahasa aslinya, tentu akan lebih terpercaya.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *