20 Aplikasi Android Pendukung Bisnis, Bantu Dorong Produktivitas Kerja

20 Aplikasi Android Pendukung Bisnis, Bantu Dorong Produktivitas Kerja

Membuka sebuah bisnis rasanya kurang lengkap apabila tidak disertai dengan aspek-aspek yang dapat menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Salah satu aspek yang harus Anda perhatikan dan butuhkan saat memulai bisnis adalah ketersediaan aplikasi pendukung bisnis yang dapat membantu Anda dan tim agar menjadi lebih produktif.

Berikut 20 aplikasi bisnis Android yang menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan ketika memulai sebuah sebuah usaha:

  1. Hootsuite

HootSuite merupakan layanan social media dashboard yang memungkinkan pengguna mengakses jejaring sosial mereka dalam satu tempat.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat mengorganisir semua media sosial bisnis yang Anda miliki,  baik untuk unggahan, respon dari pengikut media sosial, atau pelanggan dari berbagai platform media sosial yang anda gunakan untuk memasarkan bisnis.

Selain itu, Hootsuite juga menyediakan  layanan analitik yang memungkinkan pengguna untuk meneliti statistik dari kegiatan yang mereka lakukan di media sosial.

  1. Trello

Bagi Anda yang berjibaku dengan dunia kerja khususnya di bidang digital tentu tak asing lagi dengan tool simple nan banyak manfaat ini. Trello memungkinkan pengguna untuk mengorganisir segala persiapan yang dibutuhkan untuk memasarkan brand.

Pengguna juga bisa menggunakan website yang satu ini untuk membuat checklist dalam satu tempat, mengunggah foto atau file, mengetahui batas waktu deadline serta mengundang member yang ada dalam daftar pengurus bisnis untuk ikut berkolaborasi.

  1. Slack

Slack adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja, di mana kamu bisa mengirimkan pesan, file, dan lain-lain dalam satu tempat. Hadirnya aplikasi Slack memudahkan kita sebagai pekerja dalam berkomunikasi mengenai berbagai macam hal, terutama masalah pekerjaan.

  1. Canva

Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk mempekerjakan seorang editor ataupun desaigner, aplikasi ini bisa menjadi salah satu soulusi yang direkomendasikan.

Canva sudah menyiapkan lebih dari 50 ribu template yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk mendesain tampilan brand yang sebelumnya telah Anda pikikan. Mulai dari paket logo dan font, poster, kartu nama, brosur, flyer, template untuk daftar menu, serta berbagai gambar yang bisa Anda pilih dalam beragam ukuran untuk media sosial.

Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur sharing yang memungkinkan Anda untuk menambahakan anggota tim yang lain, sehingga Anda dapat saling berbagi ide ketika sedang melakukan proses editing.

  1. Freepik

Jika canva menyediakan lebih dari 500 template gratis yang langsung bisa anda gunakan, Freepik juga menyediakan lebih dari 600.000.000 gambar yang terbagi kedalam empat kategori yaitu vector, psd, icons, dan stock photos.

Selain itu, gambar-gambar yang tersedia di Freepik juga memiliki kualitas yang tinggi yang dapat Anda gunakan tanpa perlu membelinya.

  1. Google Analytic

Melakukan analisis dalam sebuah bisnis merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Google Analytics merupakan salah satu layanan analisis data traffic untuk situs yang cukup lengkap, gratis dan terintegrasi dengan berbagai akun Google yang dapat Anda gunakan.

Tidak hanya menawarkan fasilitas analisis data traffic, ada berbagai fitur lain yang dapat membantu untuk semakin meningkatkan potensi bisnis dari website, seperti fitur data demografi pengunjung, landing pages, sumber traffic, konten populer, dan fitur lainnya yang dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat untuk memperbaiki website yang Anda miliki.

  1. Google Spreadsheet

Dalam suatu pekerjaan, sering kali kita membutuhkan aplikasi yang memiliki beberapa fungsi seperti membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pengolahan data. Terlepas dari pekerjaan yang kita lakukan berhubungan dengan hal-hal tersebut atau tidak, ke-3 fungsi tersebut akan kita butuhkan untuk waktu tertentu.

Memiliki arsitektur berbasis cloud , Google Spreadsheet juga memungkinkan Anda dapat berkolaborasi dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menambahkan kolaborator ke project, melihat perubahan secara real-time, menerima pemberitahuan untuk pengeditan yang dilakukan ketika offline, dan melakukan chat dengan rekan kerja pada dokumen yang sama.

Semua perubahan otomatis disimpan saat Anda melakukannya. Selain itu, Anda dapat membuat, melihat, dan mengedit file di mana pun dan kapan pun dengan akses offline.

  1. Facebook Ads

Facebook Ads merupakan layanan Facebook yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan akun maupun unggahanmu di media sosial terkait, seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp.

Selain jangkauan konsumen yang lebih luas, kelebihan lain yang ditawarkan FB Ads adalah hadirnya fitur Facebook Adverts Manager, sehingga iklan di Facebook terpasang kepada audience yang tertarget berdasarkan kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya).

Fitur tersebut juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kinerja iklan, misalnya melihat berapa kali iklan ditampilkan, berapa banyak user yang mengklik, sampai data rinci mengenai cost per click/like/conversion.

  1. Google Drive

Google Drive merupakan media penyimpanan online yang membuat data kita tersimpan secara cloud sehingga data tersimpan aman dan dapat digunakan kapan pun dan dimanapun. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda ketika ingin membangun sebuah bisnis, banyak nya referensi ide, foto atau pun hal – hal lain yang dibutuhkan dapat kamu simpan dengan mudah melalui Google Drive.

Di google drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Namun, jika dengan 15 GB tidaklah cukup, kita dapat melakukan upgrade account.Sementar itu, kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.

  1. Storrito

Tidak dapat dipungkiri bahwa instagram merupakan salah satu platform yang paling sering digunakan untuk melakukan kegiatan promosi dalam suatu bisnis. Hadirnya berbagai fitur di instagram semakin mempermudah pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah melalui instagram stories.

Kini, Anda bisa menjadwal postingan yang ingin Anda share ke akun Instagram milik Anda secara mudah, praktis, dan tidak memerlukan waktu lama dengan aplikasi satu ini. Storrito menyediakan fungsi kalender dan unggah untuk memposting Cerita Instagram, sehingga cerita Instagram yang ingin Anda unggah di waktu kedepan, bisa Anda schedule di hari – hari sebelumnya.

  1. Evernote

Jika dulu sebagian dari kita menggunakan catatan manual, kini kegiatan menulis telah terbiasa menggunakan perangkat yang lebih canggih. Dengan beragam aplikasi yang bisa digunakan melalui laptop atau smartphone. Dengan kata lain, kini kita bisa menulis dimana saja dengan lebih mudah apalagi didukung aplikasi seperti Evernote.

EverNote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain.

  1. Google Keep

Sama halnya dengan Evernote, Google Keep juga menawarkan berbagai alat untuk mencatat, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now.

Google Keep sendiri merupakan layanan pencatatan yang dikembangkan oleh Google. Setiap catatan yang telah tersimpan pada Google Keep akan otomatis tersinkronisasi ke perangkat yang menggunakan akun Google yang sama.

  1. Linktree

LinkTree merupakan sebuah tools untuk memaksimalkan trafik dari sosial media dengan menyediakan satu link yang berisi banyak link seperti blog post atau halaman product dalam bentuk tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Melalui Linktree Anda bisa mengarahkan orang ke situs web Anda dari Instagram atau sosial media apapun ketika audiens Anda berminat atau penasaran dengan produk dan layanan yang Anda jual dengan mengklik link yang telah Anda sediakan.

  1. Swipop

Sama halnya seperti Linktree, Swipop juga merupakan sebuah tools yang menyediakan satu link dengan memiliki berbagai macam link lain di dalamnya. Namun, manfaat utama dari Swipop adalah juga terintegrasi dengan Stripe yang memungkinkan user menjual konten premium langsung dari halaman yang sama.

Selain itu, salah satu fitur yang menarik yang juga anda dapatkan adalah Anda dapat mengklik tombol ‘mata’ di atas tautan untuk membuat tautan yang berbeda terlihat atau tidak terlihat, yang berarti Anda dapat mengatur lusinan tautan di muka dan mengaktifkannya sesuai kebutuhan.

  1. Bukukas

BukuKas merupakan sebuah aplikasi pembukuan bisnis UMKM yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari secara digital. Mulai dari catatan penjualan/pengeluaran, kelola stok barang, terima dan kirim uang GRATIS biaya antar bank, sampai download laporan keuangan otomatis.

Dari hasil pencatatan tersebut, pengguna aplikasi dapat melihat laporan transaksi beserta keuntungan dan kerugiannya, yang dapat diunduh dalam format PDF. Selain itu, Bukukas juga memudahkan para pelaku usaha untuk memonitor transaksi keuangan, menyusun laporan keuangan secara otomatis, dan mengetahui keuntungan usaha Anda setiap saat, sehingga bisa membantu usaha Anda agar lebih berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi.

  1. Dompetku

Dompetku merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu memanajemen siklus keuangan harian Anda seperti k mencatat pendapatan dan pengeluaran harian serta Hutang anda maupun Pinjaman yang anda berikan kepada teman anda.

Dompetku juga menyediakan fitur Multiple Account (Rekening) bagi Anda yang memiliki banyak rekening maupun e-wallet yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan pembukuan keuangan.

Selain itu, tampilan yang ditawarkan juga menarik dan simpel disertai Grafik yang mudah dibaca. Dompetku juga menyediakan privasi keamanan pada catatan keuangan anda dengan menggunakan PIN, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika menggunakan aplikasi ini.

  1. Texpand

Membuat proses pengetikan teks panjang yang sering kita ketik menjadi lebih singkat tentu bukan hal yang mustahil apabila menggunakan aplikasi satu ini. Texpand adalah aplikasi perluasan teks/kata yang berguna untuk menyimpan teks favorit ataupun kata-kata yang sering diketik menjadi sebuah shortcut.

Dengan Texpand kita tidak perlu lagi mengetik keseluruhan teks, namun cukup dengan sebuah kata yang dijadikan shortcut maka kata-kata atau kalimat yang kita inginkan langsung tampil di layar.

Dengan adanya aplikasi ini, tentu akan mempermudah dan mempersingkat waktu kita ketika ingin menyampaikan suatu informasi yang memang sering kita sampaikan. Singkatnya, aplikasi ini bermanfaat khususnya untuk menjawab email atau mencatat hal yang berulang-ulang.

  1. WhatsApp Business

Seiring perkembangan dunia bisnis yang semakin merajalela, kini WhatsApp merilis aplikasi WhatsApp for Business. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi para pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau pelanggan bisnis lainnya.

Jika Anda memiliki nomor telepon bisnis dan pribadi yang terpisah, Anda dapat menginstal WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger di telepon yang sama dan mendaftar ke kedua aplikasi dengan nomor berbeda.

Selain memiliki fitur chat yang sama dengan WhatsApp reguler, perbedaan dengan Whatsapp Bisnis yang paling mendasar adalah pebisnis bisa memberikan informasi kepada koleganya dengan menuliskan profil bisnis, jam tutup took/perusahaan hingga alamat email dan situs web.

  1. Media Sosial

Pesatnya perkembangan media sosial di Indonesia membuat para pelaku bisnis memanfaatkan platform tersebut sebagai lahan untuk memasarkan produk atau jasanya. Sehingga, bukan suatu rahasia lagi jika media sosial merupakan aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis.

Akibatnya,  saat ini juga banyak media sosial yang telah mengupdate fiturnya untuk membantu penjualan para pebisinis online. Seperti Facebook marketplace, Instagram shopping, Whatsapp Business, dan lain – lain.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan tersebut, tentunya Anda bisa memasarkan produk secara luas dan menyeluruh.

  1. Marketplace Indonesia

Aplikasi terakhir yang dapat mengubah semua produktifitas UMKM yang Anda kelola yaitu Marketplace. Selain punya toko fisik yang bisa dikunjungi oleh pembeli, pengusaha pemula juga biasanya mengawali rantai bisnisnya dengan membuka jejaring di berbagai aplikasi marketplace seperti Seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, ataupun aplikasi marketplace lainnya.

Dengan memasarkan produk melalui marketplace, Anda tentu dapat meingkatkan penjualan dengan pesat jika dikelola secara sungguh-sungguh.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *