Pengertian, Bentuk, dan Cara Mengatasi Spam

 Pengertian, Bentuk, dan Cara Mengatasi Spam

Pernahkan Anda bertaya-tanya sebenarnya apa itu spam, mengapa banyak orang menghubungkan spam dengan penipuan atau sejenisnya?

Tapi sebelum lanjut, apakah Anda pernah menerima pesan yang sama secara berulang di kotak surat (inbox) gadget milik Anda? Jika pernah, maka Anda telah menerima yang namanya “Spam.”

Spam menjadi suatu cara pemanfaatan peralatan elektronik yang digunakan untuk mengirimkan informasi atau pesan berupa tulisan, gambar, video atau bentuk yang lainya kepada orang lain secara terus-menerus tanpa dimintai, diketahui, atau tanpa izin oleh penerima pesan.

Apa itu Spam?

Sederhananya, Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi melebihi kapasitas yang bisa ditoleransi oleh penerima pesan spam.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang didukung dengan penggunaan internet slalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tentu menimbulkan beberapa dampak positif maupun negatif bagi kegiatan umat manusia. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah munculnya aktivitas spam.

Penerimaan pesan yang banyak secara terus menerus dapat menimbulkan keresahan bagi sang penerima pesan, terlebih lagi informasi ataupun pesan yang diterima dirasa tidak penting dan berguna bagi penerima. Penggunaan awal spam berkaitan dengan agama dan politik.

Salah satu contohnya adalah Serdar Argic. Ia menggunakan spam usenet untuk revisionis sejarah. Beberapa penginjil juga telah menggunakan spam usenet dan surat elektronik untuk menyebarkan khotbah. Dengan berkembangnya spam, semakin banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan spam untuk berbagai macam penipuan.

Dalam beberapa kasus spammers menggunakannya untuk menarik orang menuju suatu tempat, melakukan penculikan dan meminta tebusan, bahkan korban dibunuh jika tidak segera memberi tebusan.

Namun, kegiatan spam ini justru malah dianggap menguntungkan bagi beberapa pelaku bisnis. Bagi mereka, aktivitas ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk ataupun jasa yang mereka jual dalam bentuk iklan melalui aktivitas spam.

Hal ini didukung lantaran spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan.Ketika berbicara tentang spam, terdapat beberapa istilah yang harus Anda pahami. Beberapa contoh istilah populer yang berhubungan dengan spam yaitu :

Spamming

Spamming merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas sekaligus tindakan dari spam tersebut. Informasi yang dikirimkan dalam spamming biasanya merupakan informasi yang cenderung tidak penting dan sangat mengganggu penerima pesan, karena sesungguhnya pesan yang dikirimkan tersebut tidak diinginkan oleh sang penerima.

Spammer

Jika spamming merujuk pada tindakannya, spammer lebih merujuk kepada orang dibalik tindakan tersebut. Singkatnya, spammer merupakan sebutan bagi orang yang melakukan tindakan spam. Dalam hal ini, spammer dapat dikategorikan menjadi kegiatan kriminal atau yang dikenal dengan cybercrime karena bisa merusak atau menimbulkan dampak negatif dalam kegiatan dunia maya.

Bentuk-bentuk Spam

Banyak bentuk spam yang mudah Anda temui saat ini, beberapa diantaranya adalah :

  1. Surat Elektronik (Email)

Email menjadi salah satu platform yang paling sering mendapatkan pesan spam. Bentuk spam pada surat elektronik atau email merupakan praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Namun, email sudah memiliki sistem filter yang akan menyaring spam secara otomatis.

  1. Pesan Instan

Selain email, pesan instan juga menjadi salah satu target penyebaran spam. Walaupun tidak sepopuler penggunaan surat elektronik, menurut laporan dari Ferris Research, terdapat 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya ini merupakan jumlah yang cukup besar karena mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding tahun 2002.

Biasanya, kita akan menerima spam karena pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

  1. Usenet Newsgroup dan Forum

Sesuai dengan namanya, spam jenis ini menyasar usenet newsgroup. Selain itu, untuk spam forum merupakan tindakan menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link yang akan mengarahkan kita ke situs eksternal untuk tujuan tertentu.

  1. Telepon Genggam

Spam jenis ini dikirim melalui pengirim pesan kepada penerima berupa pesan singkat atau SMS. Selain mengganggu penerima pesan, spam jenis ini juga memungkinkan kita dikenai biaya dari setiap pesan teks yang kita terima.

  1. Permainan Daring (Game Online)

Spam permainan daring berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan yang melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web. Cara kerja spam jenis ini dilakukan melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian mengalihkan pemain ke situs web penjualan.

  1. Mesin pencari informasi web 

Spam jenis ini sering juga disebut dengan istilah spamdexing. Spamdexing sendiri merupakan singkatan dari dua kata yaitu spamming dan indexing. Spam ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi.

Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing.

  1. Blog, Wiki, dan Buku Tamu

Spam jenis ini tidak hanya diterima melalui isi blog, namun juga komentar-komentar yang ada. Biasanya, banyak yang berkomentar dalam suatu artikel sampai melewati batas.

Pada tahun 2003, jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog perangkat lunak Movable Type dengan berulang kali menempatkan komentar untuk berbagai posting blog. Serangan serupa juga sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu.

Cara Mengatasi Spam di Gmail

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, email atau surat elektronik menjadi salah satu platform yang paling sering mendapatkan spam. Jika Anda mendapat email yang tidak diinginkan di kotak masuk Gmail, Anda dapat memblokir atau berhenti berlangganan dari pengirimnya, atau melaporkan pesan tersebut ke pihak Gmail. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan :

Memblokir alamat email di Android

  • Buka aplikasi Gmail pada smartphone Anda
  • Buka pesan
  • Klik tombol “Lainnya”
  • Tap Blokir “nama pengirim”

Ketika Anda telah memblokir pengirim, pesan yang mereka kirim akan langsung otomatis masuk ke dalam folder Spam

Berhenti berlangganan dari email massal

Perlu diingat, setelah berhenti berlangganan, milis mungkin memerlukan waktu beberapa hari hingga akhirnya berhenti mengirimi Anda pesan.

Biasanya, jika Anda pernah mendaftar di situs yang sering mengirimkan email, seperti promosi atau newsletter, itulah yang menjadi penyebab banyak spam yang masuk ke dalam email Anda.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan cara ini untuk mencegah spam yang terus-terusan masuk kedalam email anda, yaitu :

  • Buka aplikasi Gmail pada smartphone Anda
  • Buka email dari pengirim yang ingin Anda hentikan langganannya.

-Di bagian bawah pesan, tap Berhenti berlangganan atau Ubah preferensi. Jika Anda tidak melihat opsi ini, pengirim pesan tidak memberikan informasi yang diperlukan untuk berhenti berlangganan. Jika demikian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk memblokir pengirim atau menandai pesan sebagai spam.

Menghapus spam atau pesan yang mencurigakan

Cara terakhir yang dapat Anda coba untuk mengatasi spam di email Anda adalah dengan menghapusnya, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gmail pada smartphone Anda
  • Tap huruf atau foto ke sebelah kiri pesan, atau buka pesan tersebut.
  • Klik tombol “Lainnya” yang terletak di pojok kanan atas
  • Pilih opsi Laporkan Spam.

Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *