Ketahui Apa itu Pembukuan dan Pentingnya Bagi UMKM

Ketahui Apa itu Pembukuan dan Pentingnya Bagi UMKM

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pembukuan. Apa itu pembukuan dan apa pentingnya bagi UMKM seperti Anda? Perlu Anda ketahui bahwa kegiatan pembukuan sangat penting untuk dilakukan tidak hanya bagi perusahaan besar, namun juga bagi UMKM.

Selain guna melihat rugi-laba usaha Anda, masih banyak lagi pentingnya pembukuan untuk usaha Anda. Namun, sebelum melihat beberapa manfaat pembukuan lainnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu pembukuan.

Apa Itu Pembukuan?

 

Apa itu pembukuan dan pentingnya bagi umkm

 

Secara sederhana, pembukuan dapat diartikan sebagai kegiatan pencatatan masuk dan keluarnya uang. Kegiatan pembukuan biasanya identik dengan bidang akuntansi. Itulah mengapa, pada perusahaan besar, pembukuan umumnya dilakukan oleh akuntan.

Pembukuan terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya pembukuan catatan kas, inventaris barang, dan persediaan barang.

Di antara tiga jenis pembukuan tersebut, hanya dua yang umum dilakukan oleh UMKM, yaitu pembukuan catatan kas dan persediaan atau stok barang (jika jenis usahanya menjual barang).

Umumnya, pegiat UMKM melakukan pembukuan dengan mencatatnya di buku. Namun, semakin maraknya digitalisasi, kini banyak aplikasi-aplikasi yang membantu penggunanya, termasuk UMKM, untuk melakukan pembukuan dengan mudah.

Anda bisa dengan mudah mencatat transaksi, mencatat hutang piutang, dan mencatat stok barang hanya dengan aplikasi di smartphone Anda. Beberapa aplikasi pembukuan yang terkenal diantaranya BukuKas dan BukuWarung.

Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Pembukuan sangat penting dilakukan untuk semua jenis usaha, termasuk UMKM. Mengapa begitu? Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda peroleh jika melakukan pembukuan.

Mengetahui Kondisi Keuangan Usaha

 

Apa itu pembukuan dan pentingnya bagi umkm

 

Manfaat pembukuan yang pertama adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Sebagai catatan keuangan usaha, pembukuan tentunya memudahkan Anda mengetahui kondisi keuangan usaha Anda. Apakah sedang berada dalam kondisi laba atau rugi. Tanpa adanya pembukuan, Anda akan kesulitan untuk mengetahui hal ini.

Mengantisipasi Kerugian

 

Apa itu pembukuan dan pentingnya bagi umkm

 

Dengan melihat catatan keuangan harian dalam pembukuan, Anda bisa meminimalisir potensi kerugian. Bagaimana caranya? Misalnya Anda bisa mengurangi jumlah pembelian bahan baku atau stok barang jika pemasukan sedang sedikit.

Sebagai Dokumen Riwayat Transaksi

 

Apa itu pembukuan dan pentingnya bagi umkm

 

Tidak hanya untuk melihat kondisi keuangan dan meminimalisir potensi kerugian, pembukuan juga bermanfaat sebagai dokumen penyimpanan riwayat transaksi. Apabila Anda rutin melakukan pembukuan, Anda bisa dengan mudah melihat riwayat transaksi pembelian, penjualan, dan juga hutang dan piutang setiap harinya.

Sebagai Alat Penilaian

 

Apa itu pembukuan dan pentingnya bagi umkm

 

Melakukan penilaian terhadap usaha Anda sangat penting untuk dilakukan. Mengapa penting? Hal ini untuk melihat apakah usaha Anda berjalan ke arah yang lebih baik atau tidak. Salah satu alat penilaian yang bisa digunakan untuk mengukurnya adalah pembukuan usaha Anda.

Dengan melihat riwayat transaksi setiap harinya, Anda bisa melakukan penilaian apakah terjadi peningkatan penjualan atau tidak.

Setelah mengetahui apa itu pembukuan dan pentingnya pembukuan bagi UMKM di atas, apakah Anda tertarik untuk memulai pembukuan usaha Anda? Jika Anda malas melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pembukuan yang dapat Anda unduh di Play Store dan App Store untuk memudahkan Anda. Karena ini juga saat yang tepat untuk UMKM go digital.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *