Apa Itu PayPal, Kegunaan dan Cara Daftar Akunnya?

apa itu paypal

Apa Itu PayPal, Kegunaan dan Cara Daftar Akunnya?

Jika ini baru pertama kali bagi Anda mendengar istilah PayPal, wajar bila Anda bertanya-tanya apa itu PayPal dan apa kegunaannya. PayPal merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Mempunyai PayPal, ibaratnya Anda mempunyai rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima dana dari orang yang mempunyai akun PayPal ataupun kartu kredit.

Yang membuat PayPal begitu disukai, Anda dapat mengakses akun di manapun dan kapanpun, melakukan pembayaran dengan sumber dana baik dari kartu kredit, kartu debit ataupun rekening bank.

Walau tak secara khusus ditujukan untuk para penjual, namun PayPal mempermudah pengelola toko online, penjual jasa dan lain-lain untuk menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka.

Selain itu, Anda dapat mengirim uang ke pengguna akun PayPal lainnya dengan email sebagai pengganti nomor rekening. Kini, PayPal telah digunakan oleh lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan 100 jenis mata uang di seluruh dunia.

apa itu paypal dan kegunaannya

Sejarah PayPal

Setelah membahas apa itu PayPal di awal, sekarang kita ulas sejarahnya. Sejarah PayPal diawali dari sebuah perusahaan bernama Confinity yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada tahun 1998 lalu.

Resminya, PayPal mulai diluncurkan sebagai layanan sistem pembayaran baru pada tahun 1999 yang didanai oleh John Malloy dari BlueRun Ventures. Setahun kemudian, pada bulan Maret 2000, Confinity bergabung dengan X.com besutan Elon Musk.

Apa Itu PayPal
Peter Thiel dan Max Levchin

Di bulan Juni tahun 2000, PayPal terus mengembangkan diri dengan memperkenalkan tipe akun baru yang diperuntukkan bagi pengguna bisnis. Jenis akun ini khusus untuk pengguna yang membukukan volume transaksi tinggi dengan biaya fee untuk setiap transaksinya. Di akhir tahun 2001, lebih dari seperlima dari 12,8 juta akun PayPal sudah upgrade ke tipe bisnis.

Sembari terus menapaki jalan manisnya, Elon Musk dan jajaran kemudian mengubah nama PayPal menjadi PayPal Inc dan resmi menginjak lantai bursa pada tahun 2002 dengan nilai $13 per lembar saham dan berhasil mengumpulkan investasi sebesar $61 juta.

Tak lama setelah IPO, PayPal langsung dilamar oleh eBay pada bulan Juli 2002 dengan mahar sebesar $1,5 miliar. Kini, lebih dari 70% lapak di eBay menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran.

Kegunaan PayPal

Bagi Penjual

  • PayPal sebagai alternatif pembayaran dari pelanggan, dapat ditambahkan ke halaman situs.
  • Menerima pembayaran dari kartu kredit secara aman tanpa harus melewati proses pengajuan merchant ke bank lokal.
  • Mempunyai alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi pembeli

Bagi Pembeli

  • Menjadi alat pembayaran dengan sumber dana yang fleksibel, bisa dari rekening bank, kartu kredit ataupun debit.
  • Menjadi alat pembayaran aman di eBay dan jutaan merchant di internet.

Bagi Perorangan

  • Menjadi alat pengiriman uang ke teman, keluarga, kerabat.
  • Menjadi alat penghimpun dana misalnya untuk kegiatan amal atau pendanaan yang bersiat sosial.

Syarat dan Cara Membuat Akun PayPal

Untuk membuat akun PayPal, Anda harus memenuhi beberapa syarat wajib, antara lain:

  • Mempunyai alamat email yang valid dan bisa diakses.
  • Kartu identitas, untuk persiapan jika diminta verifikasi
  • Statement bulanan kartu kredit yang masih aktif untuk proses verifikasi.

Selain via browser, PayPal juga tersedia untuk platform Android, iOS dan Windows Phone.

Sumber PayPal, WikiPedia, WikiPediaFundinguniverse, dan gambar header Shutterstock.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *