OneDrive, Fitur Bawaan Windows untuk Backup Data di Cloud

OneDrive, Fitur Bawaan Windows untuk Backup Data di Cloud

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu Onedrive, salah satu layanan penyimpanan file berbasis online yang jadi rekomendasi Microsoft. Banyaknya aplikasi penyimpanan file berbasis online membuat kita harus dengan teliti menentukan mana yang tepat untuk kita gunakan.

OneDrive atau yang memiliki nama asli Microsoft OneDrive merupakan salah satu layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban web atau perangkat tertentu. OneDrive merupakan layanan cloud storage besutan Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live.

Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan Google Drive. OneDrive menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, PowerPoint dan OneNote. Meskipun dikembangkan di dalam platform Windows, OneDrive juga dapat digunakan pada Mac, iOS, OS X , hingga Android.

Awalnya layanan penyimpanan ini memiliki nama SkyDrive. Namun, karena terjerat sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran British Sky Broadcasting Group (BSkyB), Microsoft terpaksa mengubah nama layanan ini menjadi OneDrive.

Perubahan nama ini resmi diumumkan oleh Microsoft pada 27 Januari 2014. Kendati bukan hal yang mudah, General Manager Consumer Apps & Services Microsoft, Ryan Gavin meyakinkan bahwa layanan penyimpanan data di awan itu akan terus beroperasi seperti biasa, dan semua konten akan tetap tersedia di OneDrive dan OneDrive untuk bisnis.

Fitur-fitur OneDrive

Dalam laman resmi OneDrive, Microsoft menyebutkan 3 fitur utama yang dimiliki oleh OneDrive, yaitu :

  1. Files on Demand

Fitur pertama yang ditawarkan oleh OneDrive adalah files on demand. Melalui fitur ini, Anda dapat mengakses semua dokumen OneDrive dari Windows 10. Selain itu, OneDrive juga dapat menyinkronkan semua dokumen yang diinginkan apabila Anda memberikan akses.

Dilansir dari laman Business Insider, dengan menggunakan OneDrive Anda juga dapat langsung membagikan dokumen hanya dengan menggunakan link OneDrive.

  1. Document Scanning

Fitur selanjutnya yang diberikan oleh OneDrive adalah document scanning. Fitur milik OneDrive ini dapat mempermudah Anda untuk memindai beberapa file seperti dokumen-dokumen penting, bon, catatan, atau hal serupa lainnya.

  1. Personal Vault

Fitur utama lainnya yang dapat dirasakan oleh pengguna adalah keamanan ekstra. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, layanan penyimpanan online ini merupakan besutan dari perusahaan ternama Microsoft, maka dari itu Microsoft juga menjamin setiap keamanan data yang disimpan pada OneDrive, sehingga Anda dapat menyimpan foto, video, dan berbagai macam dokumen penting lainnya di OneDrive.

Manfaat serta Kelebihan OneDrive

  1. Memudahkan akses sebuah file

OneDrive mempermudah pengguna ketika ingin mengakses sebuah file. Dengan dukungan akses di berbagai perangkat seperti MacOS, iOS, Android, serta Windows, Anda dapat dengan mudah mengakses file yang diinginkan.

  1. Dapat membantu pekerjaan secara tim

Sama seperti layanan serupa lainnya, OneDrive juga menyediakan fitur kolaborasi yang dapat mempermudah pengguna ketika ingin melakukan berbagai kegiatan bersamaan secara real time.

  1. Dapat berbagi file dengan siapapun secara mudah

OneDrive memberikan Anda kemudahan untuk dapat berbagi dokumen, gambar, dan video atau folder apapun dengan orang lain.

Dalam hal ini, Anda dapat mengatur siapa saja yang ingin Anda bagikan,  Seperti halnya dengan “lihat saja” atau mungkin anda mengizinkan mereka untuk “mengeditnya”. Selain itu anda juga dapat mencabut akses dengan mematikan fitur berbagi.

  1. Mudah diakses

Karena merupakan layanan penyimpanan berbasis online, maka Anda dapat mengakses setiap file ataupun folder yang telah Anda simpan di OneDrive dimanapun dan kapanpun asalkan memiliki koneksi internet yang memadai.

  1. Terintegrasi dengan office online

Kadang kala kita tidak selalu menggunakan perangkat yang sama ketika ingin mengedit sebuah file. Dengan OneDrive kita bisa mengedit file yang kita inginkan bahkan di perangkat yang berbeda. Namun, pastikan bahwa Anda telah menyimpan file tersebut di dalam OneDrive.

  1. Ruang penyimpanan yang memadai

OneDrive menyediakan ruang penyimpanan gratis yang dapat digunakan oleh para pengguna sebesar 5 GB. Dengan kapasitas ruang penyimpanan 5 GB tentu sudah dapat dikatakan sebagai sebuah kapasitas penyimpanan yang memadai.

Terlebih lagi jika hanya digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yang berukuran kecil. Namun jika Anda merasa kurang, Anda dapat melakukan upgrade hingga 1 TB atau 1000 GB.

  1. Tampilan user friendly

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba OneDrive, Anda tidak perlu merasa khawatir tentang bagaimana cara menggunakannya. Hal ini karena OneDrive memiliki tampilan yang mudah digunakan sehingga Anda tidak akan mengalami kesuliatan dalam mengoperasikan layanan.

Perbedaan OneDrive dan Google Drive

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan Google Drive, kendati demikan, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara OneDrive dan juga Google Drive, yaitu :

  1. Microsoft menawarkan sejumlah besar space secara gratis kepada siapa saja yang memiliki akun Microsoft, sedangkan Google menggunakan cloud virtualnya sendiri yang dikenal sebagai Drive sebagai cara untuk mengikat pengguna ke dalam apa yang secara luas dikenal sebagai Google Ecosystem.
  2. One Drive hanya menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB kepada para penggunanya. Sedangkan Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB bagi para penggunanya.
  3. OneDrive memungkinkan Anda menetapkan tanggal kedaluwarsa pada tautan yang dibagikan, sedangkan Google Drive tidak menetapkan tanggal kedaluwarsa pada tautan yang dibagikan.
  4. Layanan Google Drive tersedia dan terdapat di Windows, iOS, Mac OS dan Android. Sedangkan OneDrive tersedia dan terdapat Windows, Mac OS, iOS, Android dan Windows telepon.

Paket-paket One Drive

paket berlangganan onedrive

Umumnya, OneDrive terbagi menjadi 2 paket utama, yaitu paket pribadi dan juga paket untuk bisnis. Berikut daftar paket pribadi dan juga bisnis yang dapat menjadi pilihan bagi Anda :

  1. Paket Pribadi (untuk di rumah)
  2. Paket Business (Untuk Bisnis)

Referensi Microsoft, dan gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *