Baru Tahu dengan Netflix? Yuk Coba Kenali Lebih Dalam

 Baru Tahu dengan Netflix? Yuk Coba Kenali Lebih Dalam

Bagi Anda pecinta film, nama Netflix tentu sudah tidak asing lagi bukan? Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu Netflix, bagaimana sejarah Netflix, bagaimana cara mendaftar Netflix, dan paket apa saja yang tersedia di Netflix.

Apa itu Netflix?

Netflix adalah layanan streaming berbasis langganan yang memungkinkan penggunanya dapat menonton sebuah tayangan film atau acara TV tanpa iklan di perangkat yang tersambung ke internet. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh acara TV dan film ke perangkat iOS, Android, atau Windows 10 dan menontonnya tanpa menggunakan koneksi internet.

Netflix menawarkan berbagai acara TV pemenang penghargaan, film, anime, dokumenter, dan banyak lagi di ribuan perangkat yang terhubung ke Internet.

Di Indonesia sendiri, Netflix menjadi salah satu layanan streaming film yang sering digunakan. Tidak adanya iklan dan kualitas gambar yang jernih membuat Netflix menjadi layanan streaming yang digemari.

Di tambah, semenjak adanya aturan dari pemerintah yang membatasi interaksi masyarakat, membuat Netflix menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan kala menghabiskan waktu di rumah saja.

apa itu aplikasi netflix

Sejarah Netflix

Berkantor pusat di Los Gatos, California. Netflix didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California. Pada awalnya, Reed Hastings dan Marc Randolph mendapat ide untuk menyewakan DVD melalui pos.

Mereka menguji konsep ini dengan mengirimi diri mereka sekeping DVD. DVD diterima secara utuh, dan lahirlah gagasan untuk mendirikan Netflix.

Pada tahun 1998, Netflix pertama kali diluncurkan sebagai situs penyewaan dan penjualan DVD. Berselang 1 tahun kemudian, Netflix memulai debutnya serta menawarkan penyewaan DVD yang tidak terbatas bagi para anggotanya, tanpa batas waktu, biaya keterlambatan, atau batas waktu penyewaan bulanan.

Pada tahun 2002, untuk pertama kalinya Netflix membuat penawaran umum perdana (IPO) dengan harga jual $1 per lembar saham di NASDAQ di bawah ticker NFLX. Siapa sangka, di tahun berikutnya Netflix memiliki hingga 1 juta anggota.

Hal ini membuat Netflix memperoleh paten dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat untuk mengadakan layanan sewa berlangganan. Netflix terus mengalami perkembangan, di tahun 2006, keanggotaan Netflix terus berkembang hingga menyentuh angka 5 juta anggota.

Pada tahun 2007, Netflix akhirnya meresmikan fitur baru berupa layanan streaming yang memungkinkan para anggotanya untuk dapat menonton acara TV dan film-film secara langsung di komputer pribadi mereka. Serius menjadi situs layanan streaming terbaik, di tahun  2008, Netflix menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan elektronik konsumen untuk melakukan streaming di Xbox 360, pemutar Blu-ray, dan dekoder TV.

Tahun 2010, Netflix akhirnya meluncurkan layanan streaming  mereka di perangkat seluler. Di tahun yang sama, untuk pertama kalinya Netflix mulai masuk ke Kanada. Selain itu, Netflix juga mulai membuka cabang lainnya di Amerika Latin, Karibia, Inggris, Irlandia, dan negara- negara Nordik. Di tahun 2012, keanggotaan Netflix mencapai jumlah 25 juta anggota.

“House of Cards”, “Hemlock Grove”, “Arrested Development”, dan “Orange Is the New Black” menjadi awal rangkaian program serial orisinal pertama milik Netflix. Tidak disangka, di tahun 2013 “House of Cards” berhasil meraih tiga Primetime Emmy Award yang pertama untuk layanan streaming Internet. Di tahun 2014, Netflix untuk pertama kalinya memulai streaming dalam format 4K Ultra HD.

Keanggotaan Netflix terus bertambah dan berkembang hingga ke 130 negara baru dan membawa layanan ini kepada para anggota di lebih dari 190 negara dan 21 bahasa di seluruh dunia.

Untuk memberikan kemudahan bagi para anggotanya, akhirnya di tahun 2016 Fitur Download ditambahkan untuk menonton secara offline dan selama dalam perjalanan. Di tahun ini jugalah Netflix pertama kali hadir di Indonesia.

Mencapai angka 100 juta untuk keanggotaan global, di tahun 2017 Netflix meraih Piala Oscar pertamanya untuk “The White Helmets” yang diikuti oleh berbagai penghargaan lain di tahun-tahun berikutnya.

Memasuki tahun 2020, Netflix meluncurkan The Hardship Fund untuk membantu para pekerja komunitas kreatif yang terdampak oleh COVID-19, dan dua persen dari dana tunai yang dimiliki Netflix akan disalurkan ke lembaga-lembaga keuangan yang mendukung komunitas Kulit Hitam.

Hingga tahun 2021 ini, keanggotaan Netflix melebihi 200 juta anggota. Netflix kemudian merilis studi pertamanya tentang keberagaman dalam film dan serial bersama Annenberg Inclusion Initiative USC, dan mengumumkan langkah-langkah untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol bersih pada akhir tahun 2022.

Cara Daftar ke Netflix

Karena Netflix merupakan layanan  streaming, maka Anda bisa menikmati Netflix di berbagai perangkat gadget pilihan Anda, berikut cara mendaftar Netflix di smartphone :

  • Download aplikasi Netflix dari Google Play Store di perangkat dengan Android versi 5.0 atau yang lebih baru.
  • Jika Anda tidak mau mengunduh, Anda juga dapat mengunjungi situs netflix.com/signup dari browser ponsel milik Anda.
  • Kemudian pilih paket yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat bisa men-downgrade atau men-upgrade kapan pun.
  • Buat akun dengan memasukkan alamat email dan membuat sandi
  • Masukkan metode pembayaran. Anda langsung bisa memulai streaming

Mendaftar Netflix di laptop/PC :

  • Kunjungi netflix.com/signup.
  • Pilih paket yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa men-downgrade atau men-upgrade kapan pun.
  • Buat akun dengan memasukkan alamat email dan membuat sandi.
  • Masukkan metode pembayaran. Anda langsung bisa memulai streaming

Mendaftar Netflix di Smart TV dan pemutar media streaming :

  • Buka aplikasi Netflix. (Jika perlu bantuan untuk menemukan aplikasi, cari “Menggunakan Netflix di” + nama merek perangkat (misalnya, Samsung, Roku, Xbox) di Pusat Bantuan. Remote control untuk beberapa perangkat juga dilengkapi tombol Netflix.
  • Di sebagian besar smart TV dan pemutar media streaming, masukkan alamat email atau nomor telepon untuk memulainya.
  • Begitu dimasukkan, Anda akan menerima email atau SMS yang berisi link aktivasi untuk melanjutkan alur pendaftaran.
  • Pilih paket yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa men-downgrade atau men-upgrade kapan pun.
  • Buat akun dengan memasukkan alamat email dan membuat sandi.
  • Masukkan metode pembayaran. Anda langsung bisa memulai streaming

Paket Berlangganan Netflix

Paket PonselPaket DasarPaket StandarPaket Premium
Biaya BulananRp54.000,00Rp120.000,00Rp153.000,00Rp186.000,00
Jumlah layar yang dapat digunakan untuk menonton secara bersamaan1124
Jumlah ponsel atau tablet yang dapat digunakan untuk men-download1124
Film dan acara TV tanpa batas
Tonton di ponsel dan tablet
Tonton di laptop dan TV
Tersedia dalam HD
Tersedia dalam Ultra HD

CATATAN: *Tergantung tempat tinggal, selain biaya langganan, Anda mungkin dikenai pajak.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *