Pernah Dengar Istilah Mind Mapping? Ini Penjelasannya

 Pernah Dengar Istilah Mind Mapping? Ini Penjelasannya

Kemampuan dalam mengatur gagasan menjadi skill terpenting yang harus dimiliki oleh para pelajar maupun pekerja, salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill tersebut adalah dengan menggunakan mind mapping.

Apa itu Mind Mapping?

Pemetaan pikiran atau yang lebih kita kenal dengan istilah mind mapping adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Teknik mind mapping ini menggunakan penjabaran secara visual yang diyakini lebih efektif dibanding menggunakan list materi.

Mind mapping mengembangkan cara berpikir divergen dan berpikir kreatif. Mind mapping menjadi alat berpikir organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan. Singkatnya, mind mapping merupakan sebuah cara baru untuk mencatat ide atau gagasan yang Anda miliki.

Selain itu, mind mapping memiliki prinsip dan ciri yaitu menggunakan teknik penyaluran gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan menggunakan teknik pohon. Mind mapping ini didasarkan pada detail-detail suatu peta pikiran yang mudah diingat karena mengikuti pola pemikiran otak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya,  manfaat yang dimiliki oleh mind mapping adalah membuat kegiatan belajar Anda menjadi lebih efektif. Namun, terdapat beberapa manfaat lain dari mind mapping yang dapat Anda rasakan, yaitu :

  1. Membuat materi yang sulit jadi lebih mudah dipahami dan dikuasai.
  2. Meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail.
  3. Meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori.
  4. Menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan menghemat waktu.
  5. Dapat digunakan sebagai metode belajar, pengembangan ide, atau pemecahan masalah.
  6. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Sejarah Singkat Mind Mapping 

Metode mand mapping pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris bernama Tony Buzan pada tahun 1974. Pemetaan pikiran yang dikemukakan oleh Buza ini didasarkan pada kenyataan bahwa otak manusia terdiri dari satu juta sel otak atau setara dengan 167 kali jumlah manusia di bumi, sel-sel otak tersebut terdiri dari beberapa bagian, ada bagian pusat (nukleus) dan ada sejumlah bagian cabang yang memancar ke segala arah, sehingga tampak seperti pohon yang menumbuhkan cabang ke sekeliling.

Saat ini, mind mapping sudah dikenal luas di berbagai bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Penerapannya mencakup manajemen organisasi, penulisan, pembelajaran, pengembangan diri, dan lain-lain.

Jenis-jenis Mind Mapping 

  1. Mind Map Bab

Mind map bab adalah suatu jenis mind mapping yang dibuat berlandaskan berbagai rangkaian bab yang telah dikerjakan atau dipelajari.  Mind mapping jenis ini dibuat dengan meringkas berbagai poin penting atau poin inti agar lebih mudah untuk diingat.

  1. Mind Map Silabus

Mind map silabus atau yang juga dikenal dengan mind mapping makro merupakan suatu jenis mind mapping yang mendukung serta menerima suatu gambaran berhubungan dengan apa yang telah dikerjakan.

Umumnya, mind mapping jenis ini disusun dengan ukuran yang besar dan di tempel di dinding. Mind mapping jenis ini digunakan untuk membantu memberikan gambaran mengenai apa yang telah dipelajari.

  1. Mind Map Paragraph

Jenis terakhir yang dimiliki oleh mind mapping adalah mind map paragraph. Mind map paragraph merupakan jenis mind mapping yang mampu memberikan informasi secara lengkap dan mendetail. Mind mapping jenis ini membuat kita mampu melihat berbagai ringkasan dari setiap bab yang ada.

Langkah Mudah Membuat Mind Mapping

  1. Masukkan Topik Utama. Mulailah dengan memasukkan subjek utama di tengah mind mapping , misalnya “Ibukota dunia”.
  2. Buat cabang utama untuk memasukkan topik Anda seperti “London”, “Paris”, “New York” dan “Beijing”. Tidak usah mempedulikan tentang urutan topik.
  3. Buat Sub-Topik. Uraikan topik Anda dengan membuat sub-topik. Pastikan untuk menggunakan frasa yang sangat pendek atau bahkan kata tunggal.
  4. Atur Ulang Topik. Jika Anda perlu mengatur ulang topik dalam mind mapping milik Anda, sebagian besar perangkat lunak memungkinkan Anda untuk menarik dan melepaskan cabang. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyusun topik yang Anda brainstorming.
  5. Tambahkan Gambar dan Pemformatan. Menurut teori mind mapping , gambar dan warna meningkatkan retensi memori. Anda dapat menggunakan warna dan font yang berbeda dan menempatkan gambar di cabang yang telah Anda buat.
  6. Catatan dan Penelitian. Catat topik Anda dan file penelitian terlampir – jika perangkat lunak pemetaan pikiran Anda memungkinkan Anda melakukannya.

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

Kelebihan mind mapping :

  1. Membantu otak kita untuk dapat mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan.
  2. Memudahkan kita mendapat tambahan informasi baru.
  3. Mengingat kembali apa yang telah dipelajari dengan lebih cepat,
  4. Membantu kita untuk dapat melihat gambaran materi secara keseluruhan.
  5. Setiap peta mind mapping memiliki sifat yang unik.
  6. Mengaktifkan seluruh bagian otak
  7. Meningkatkan kreativitas dan aktivitas individu maupun kelompok.

Kekurangan mind mapping :

  1. Harus membaca kembali kata-kata yang tidak penting.
  2. Terdapat simbol yang sukar dipahami.
  3. Memakan waktu yang cukup lama untuk mencari kata kunci pengingat.
  4. Memerlukan banyak alat tulis misalnya spidol warna-warni. Mind map yang baik memerlukan banyak alat tulis, sehingga simbol-simbol, gambar-gambar, garis-garis dan kata-kata yang dibaca menjadi menarik.
  5. Memerlukan latihan yang terus-menerus.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai metode mind mapping yang terdiri dari pengertian, sejarah singkat, manfaat, jenis, serta kelebihan dan kekurangannya. Jadi bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba metode ini?

Saat ini juga tersedia banyak aplikasi mind mapping yang dapat membantu Anda dalam memetakan semua gagasan yang Anda miliki kedalam bentuk visual dengan lebih mudah, simak penjelasan mengenai aplikasi – aplikasi mind mapping apa saja yang dapat Anda coba pada artikel ini

Referensi

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *