Line, Aplikasi Chat yang Kaya Fitur dan Game

 Line, Aplikasi Chat yang Kaya Fitur dan Game

Perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang memunculkan berbagai pilihan aplikasi komunikasi yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat, salah satunya adalah Line. Aplikasi Line menjadi salah satu aplikasi yang sangat digemari oleh banyak masyarakat di dunia.

Dengan didesain secara khusus yang membuat para pengguna semakin dipermudah ketika mengirim pesan menggunakan aplikasi ini.

Apa itu Line

Line merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi komunikasi yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, laptop/PC yang berbentuk instant messaging (IM) atau pengiriman pesan secara instan dengan menggunakan internet.

Sejarah Line

Line dikembangkan pada bulan Juni 2011 oleh NHN Corporation Jepang yang merupakan subsidiary dari perusahaan asal Korea bernama Naver. Aplikasi ini terbentuk karena adanya gempa besar yang disusul oleh tsunami di Jepang pada 11 Maret 2011 silam. Pada saat kejadian itu, seluruh pekerja perusahaan NHN Corporation terpaksa harus berhubungan melalui internet.  Oleh karena kejadian ini lah, NHN Corporation terinspirasi untuk menciptakan sebuah aplikasi yang mampu melayani berbagai kebutuhan konsumen hanya dengan 1 platform.  Sejak 1 April 2013, perusahaan ini kemudian berganti nama dan diperdagangkan sebagai Line Corporation.

Setelah tragedi itu, menjadi jelas bahwa ada kebutuhan mendasar untuk alat komunikasi global yang dapat memperkuat hubungan manusia. Hanya beberapa bulan kemudian di bulan Juni, Line Corporation meluncurkan aplikasi perpesanan instan yang hingga kini kita kenal dengan nama LINE. Nama Line sendiri terinspirasi dari banyaknya orang yang mengantri di depan telepon umum setelah beberapa saat gempa terjadi di Jepang.

Dengan pendekatan ini, LINE telah berkembang menjadi platform sosial dengan ratusan juta pengguna di seluruh dunia, serta memiliki fokus yang sangat kuat di benua Asia yang berkembang pesat. Tidak puas hanya dengan layanan standar global berdasarkan pendekatan umum, Line Corporation percaya bahwa penting untuk menghormati budaya dan norma masing-masing negara untuk melibatkan pengguna pada tingkat yang sangat dalam dan berkembang di setiap wilayah. Hal ini kemudian disebut sebagai budayanisasi yang adalah inti dari semua yang telah dilakukan. Line mencoba menciptakan dunia pengguna yang dapat memiliki akses online dan offline tanpa batas ke semua orang.

Setelah memulai sebagai aplikasi messenger, Line Corporation mulai memperluas jangkauan layanan mereka dan bertransformasi menjadi portal pintar, serta menghadirkan kenyamanan sehari-hari bagi pengguna melalui koneksi orang, informasi, dan layanan.

Sekarang, Line telah berkembang ke tahap baru menjadi “infrastruktur kehidupan” yang mendukung semua aspek kehidupan pengguna. Selain itu, Line juga memanfaatkan teknologi Fintech dan AI untuk meleburkan batas antara online dan offline, menciptakan pengalaman baru yang sangat personal untuk setiap orang. Line bertekad untuk melampaui batas layanan perpesanan dan berkembang menjadi platform yang dapat menjadi pendamping tetap bagi pengguna mereka.

Fitur-fitur Line

Maka dari itu, Line terus memperbaharui dan mengembangkan layanan yang mereka miliki. Berikut beberapa layanan yang dimiliki oleh Line :

  1. Line Messenger : Layanan pesan komunikasi yang disediakan oleh Line yang memungkinkan untuk menghubungkan 1 orang dengan orang lainnya.
  2. Line Store : Line store merupakan layanan toko resmi milik Line yang memungkinkan Anda untuk membeli atau mendapatkan berbagai keperluan lain yang berhubungan dengan Line seperti membeli tema, sticker, dan lain-lain.
  3. Line Timeline : Memungkinkan pengguna untuk berbagi momen keseruan mereka dengan sesama pengguna Line lainnya.
  4. Line Openchat : LINE OpenChat merupakan ruang tempat para pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya yang mempunyai minat atau ketertarikan yang sama.
  5. Line Stickers : Layanan yang diberikan oleh Line berupa sticker-sticker menarik dalam bentuk gambar diam, bergerak, hingga bersuara. Dengan demikian, pengguna dapat mengekspresikan diri dengan stiker yang menarik dalam berkomunikasi via chat antarpengguna lainnya.
  6. Line Game : Selain dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi, Line juga menyediakan beberapa pilihan game yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Seperti Line Rangers, Line Pokopang, Cookie Run, dan masih banyak lagi.
  7. Line Pod : Line Pod memungkinkan para pengguna untuk bermain sejumlah game eksklusif dari perangkat desktop, mulai dari komputer pribadi (PC) maupun laptop.
  8. Line Webtoon : LINE Webtoon adalah layanan di mana webtoon-webtoon terbaru dirilis secara terus-menerus menurut jadwal yang telah ditentukan oleh penulis komik yang berlisensi. Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda dapat menikmati komik-komik terbaru yang beragam setiap hari secara gratis.
  9. Line Jobs : Layanan yang disediakan oleh Line untuk pengadaan info lowongan kerja. Dalam LINE Jobs, pengguna yang tertarik dengan lowongan kerja tertentu akan dapat mengklik “apply” dan secara otomatis akan dibawa ke laman situs portal kerja bersangkutan.
  10. Line Siaga : Turut membantu dalam memberantas virus Covid-19 yang tidak kunjung usai, Line mengeluarkan layanan Line Siaga yang berisi informasi-informasi terbaru mengenai virus Covid-19. Sehingga, pengguna Line juga bisa mengetahui dan mengamati perkembangan virus yang terjadi.
  11. Line Shopping : Line Shopping adalah portal belanja online untuk mendapatkan inspirasi gaya hidup terkini. Line memberikan fitur perbandingan harga yang menampilkan berbagai marketplace dan situs belanja lainnya untuk membantu Anda dalam menemukan produk terbaik dengan harga yang terbaik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penawaran dan diskon spesial setiap harinya.
  12. Line Today : Line Today merupakan salah satu fitur yang tergabung dalam kampanye Line for Work Life dengan tujuan untuk memberikan akses ke informasi dan kemudahan dalam bekerja dan berkomunikasi.
  13. Line Creators Market : Line Creators market merupakan platform kreatif yang ditujukan bagi pengguna untuk menciptakan Line stickers, emoji, dan tema pribadi.
  14. Line Official Account : Merupakan suatu layanan yang dibuat untuk memperbolehkan pelanggan pemegang akun untuk menggunakan official account mereka untuk berinteraksi lebih efektif dengan pengguna Line di seluruh Indonesia.
  15. Line Display Ads :  Merupakan solusi pemasaran yang ditawarkan oleh Line untuk dapat menghubungkan bisnis Anda dengan berbagai macam pengguna yang dikombinasikan dengan stiker dan berbagai layanan lainnya.
  16. Line Points : Sebuah layanan baru yang ditawarkan oleh Line sebagai insentif terhadap para penggunanya agar lebih betah menggunakan produk mereka. Poin ini dapat digunakan untuk membeli berbagai hal mulai dari stiker, tema, voucher, bahkan hingga pulsa.

Cara Daftar Akun Line :

  • Unduh aplikasi Line di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi. Lalu klik tombol “Sign Up” , kemudian masukkan nomor telepon yang akan Anda gunakan.
  • Tunggu beberapa saat, Line akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.

Apa itu Line

  • Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan kode tersebut pada aplikasi kemudian klik tombol “Next”.  kemudian ketikkan nama dan unggah foto profil Anda. Lalu tutup dengan men-tap tombol Register.
  • Sistem kemudian akan melakukan sinkronisasi data
  • Kemudian untuk membuat akun baru, silahkan isi form email dan kata sandi lalu tap Register Now.

Apa itu Line

  • Tunggu beberapa saat, Line akan kembali meminta verifikasi, namun kali ini melalui email.

Apa itu Line

  • Masukkan empat digit kode tersebut ke form kosong yang disediakan dan kemudian tap Register. Akun Line Anda sudah siap untuk digunakan.

Sumber tambahan:

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *