Apa itu Google Form?

 Apa itu Google Form?

Google Form makin populer sepanjang pandemi, walaupun masih ada saja banyak orang yang bertanya apa itu Google Forms, bagaimana cara membuatnya dan lain sebagainya.

Google formulir atau yang lebih dikenal dengan istilah Google Form adalah perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian penyunting Google Dokumen berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google.

Karena berbasis web, maka setiap orang dapat memberikan tanggapan atau jawaban terhadap kuis ataupun kuisioner secara cepat dimanapun ia berada dengan menggunakan aplikasi internet komputer/laptop ataupun smartphone.

Fitur-fitur Google Form

  1. Ringkasan hasil jawaban

Fitur pertama yang dimiliki oleh Google Form adalah Google Form mampu menyediakan atau menyajikan ringkasan dari hasil jawaban responden secara otomatis. Ringkasan tersebut akan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram yang sesuai dengan jenis pertanyaan yang telah Anda buat.

image

Fitur yang disediakan Google Form ini tentu akan mempermudah Anda untuk dapat melihat jawaban dari responden secara umum.

Selain itu, Anda akan menjadi lebih mudah dalam menganalisis data secara lebih lanjut. Jika Anda ingin melihat secara lebih jelas dan detail, Anda dapat mengekspor hasil Google Form tersebut ke Google Sheets atau Excel.

  1. Validasi tanggapan

Fitur ke-2 yang ditawarkan oleh Google Form adalah fitur validasi tanggapan. Dimana responden harus harus mengisi jawaban sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Sebagai contoh, Anda dapat menetapkan aturan bahwa jawaban yang diisikan responden harus berupa teks singkat.

apa itu google form Validasi tanggapan

Anda dapat menetapkan aturan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sayangnya, tidak semua pertanyaan mempunyai fitur validasi tanggapan ini. Hanya pertanyaan yang bertipe short answer, paragraph, dan checkboxes yang memiliki fitur ini.

  1. Conditional branching

Conditional branching atau skip logic adalah fitur yang disediakan oleh Google Form yang memungkinkan responden untuk berpindah ke pertanyaan lanjutan yang lebih mendetail sesuai dengan jawaban yang dipilih. Untuk setiap jawaban pilih section lanjutan yang ada di daftar section.

Daftar ini tentu saja hanya tersedia jika section sudah dibuat.Jika di branching question responden memilih jawaban yang tidak dibuatkan Go to sectionnya, default-nya adalah ke section selanjutnya. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang membutuhkan informasi ataupun data secara mendetail.

  1. Jenis pertanyaan lain yang beragam

apa itu google forms

Selain fitur – fitur di atas, Google Form juga menawarkan beragam jenis tipe pertanyaan yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya ada :

  • Multiple choice : Pertanyaan Multiple Choice dapat Anda gunakan jika responden hanya boleh memilih satu jawaban saja untuk pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan jenis ini sama dengan pertanyaan jenis dropdown.
  • Checkboxes : Pertanyaan checkboxes dapat Anda gunakan jika responden boleh memilih satu jawaban atau lebih dari satu jawaban untuk pertanyaan yang diajukan.
  • Multiple choice grid : Pertanyaan multiple choice grid dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki sejumlah pertanyaan berbeda namun dengan pilihan jawaban yang sama dan berulang-ulang. Dan sama seperti Multiple Choice, responden hanya boleh memilih satu jawaban saja untuk tiap item pertanyaan yang diajukan.
  • Checkbox grid : Pertanyaan checkbox grid dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki sejumlah pertanyaan berbeda namun dengan pilihan jawaban yang sama dan berulang-ulang. Dan sama seperti Checkbox, responden boleh memilih satu jawaban atau lebih dari satu jawaban untuk tiap item pertanyaan yang diajukan.
  • Linear scale : Pertanyaan linear scale dapat Anda gunakan ketika Anda menginginkan responden untuk memberikan skor penilaian, berupa angka dalam range/kisaran tertentu.
  • Paragraph : Pertanyaan paragraph dapat Anda gunakan ketika Anda mengharapkan jawaban berupa tulisan atau teks yang panjang.
  • Short answer : Pertanyaan short asnwer dapat Anda gunakan ketika Anda mengharapkan jawaban yang pendek baik berupa tulisan atau teks serta angka.
  1. Hasil survey real time

Salah satu fitur sekaligus dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan dari Google Form adalah hasil jawaban yang telah diberikan oleh responden akan langsung diupdate saat itu juga setelah responden mengklik tombol “Submit/Kirim”.

Artinya, Anda dapat langsung melihat jawaban yang diberikan oleh responden tanpa perlu menunggu waktu untuk melihatnya, hal ini tentu sangat mempermudah Anda yang membutuhkan data ataupun informasi dengan segera.

  1. Drag and drop

Drag and drop adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google Form untuk mempermudah kita ketika sedang membuat pertanyaan sehingga menjadi lebih mudah.

Drag and drop memungkinkan kita untuk memindahkan suatu objek dengan cara mengklik kemudian menarik objek tersebut ke tempat yang diinginkan. Saat menarik objek (Drag), Anda perlu menahan tombol kiri mouse dan kemudian melepaskannya saat meletakkan objek (Drop).

Kelebihan Google Form

  1. Gratis : Kelebihan pertama yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Google Form adalah tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Anda dapat menggunakan seluruh fitur Google Form yang telah dijelaskan di atas tanpa harus mengeluarkan biaya. Hanya, Anda tetap memerlukan layanan paket data atau kuota untuk mengakses Google Form.
  2. Hasil real time : Selain menjadi salah satu fitur yang ditawarkan, hasil real time yang disediakan oleh Google Form juga merupakan sebuah kelebihan.
  3. Mudah digunakan : Kelebihan selanjutnya yang juga dimiliki oleh Google Form adalah kemudahan pengguna ketika menggunakan Google Form dalam membuat suatu survey ataupun kuesioner. Tampilan yang simple membantu pengguna bahkan yang awam sekalipun untuk dapat membuat daftar pertanyaan secara mudah.
  4. Mudah untuk dibagikan : Karena memiliki tampilan yang simple ketika digunakan, Google Form juga mempermudah Anda yang ingin membaginan survey atau kuesioner yang telah Anda buat. Google Form memberikan berbagai pilihan untuk membagikan form. Anda dapat membagikan Google Form melalui email, link, ataupun dengan meng-embed form di blog atau website Anda.
  5. Terhubung dengan Google Sheets : Sebagai salah satu produk keluaran Google, Google Form tentu terhubung dengan beberapa produk Google lainnya seperti contohnya Google Sheets. Artinya, Anda dapat mengekspor hasil Google Form yang telah Anda buat ke Google Sheets.

Kekurangan Google Form

  1. Tidak memiliki history pengeditan : salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Google Form adalah Google Form tidak memiliki history ataupun riwayat pengeditan. Ini artinya Anda tidak dapat melihat perubahan apa saja yang sudah dibuat pada Google Form. Bahkan tidak ada fitur undo yang dapat membantu Anda jika ternyata Anda melakukan kesalahan.
  2. Desain yang terbatas : Meski mempunyai opsi kustomisasi, Google Form hanya menyediakan pilihan yang terbatas. Salah satu contohnya adalah pilihan font yang sangat sedikit.
  3. Pilihan ekspor yang terbatas : Seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat mengekspor hasil Google Form yang telah kita buat hanya ke dalam bentuk Google Sheets dan Excel. Sehingga tidak terdapat banyak pilihan lain yang dapat kita gunakan untuk mengekspor file Google Form yang telah kita buat.
  4. Tidak memiliki notifikasi email : Google Form tidak memberikan notifikasi secara otomatis ke email bila ada responden yang mengisi survei Anda. Anda perlu mengaktifkannya secara manual melalui tab Response, pilih tanda titik tiga (di atas menu Accepting responses) kemudian pilih Get email notifications for new responses.

Setelah mengetahui apa itu Google Form, fitur apa saja yang terdapat didalamnya, serta kelebihan dan kekurangan Google Form, kini kita akan membahas bagaimana cara membuatnya.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

  • Buka https://docs.google.com/forms/u/0/
  • Setelah itu, klik “Blank/kosong” untuk memulai template baru. Atau Anda juga dapat memilih beberapa template yang telah tersedia.
  • Anda akan langsung dialihkan ke laman editing dari formulir tersebut.
  • Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengganti judul formulir sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan deskripsi di bawah judul sesuai dengan deskripsi yang Anda inginkan.
  • Lalu selanjutnya, Anda dapat menambahkan daftar pertanyaan yang telah Anda rencanakan sebelumnya.
  • Klik “Untitled Question” atau “Pertanyaan Tanpa Judul” dan masukan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan.
  • Untuk panduan lebih lengkap cara membuat Google Form, silahkan baca di tutorial ini: [Panduan Pemula] Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *