Apa itu Google Classroom

Di masa pandemi ini aplikasi Google Classroom jadi kembali populer dan saya yakin banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu Google Classroom. Bahasan kali ini akan mengulas tentang itu, supaya waktu diminta untuk pakai, Anda tidak lagi bingung.

Apa itu Google Classroom ?

Google Classroom merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk pembelajaran secara online dan dapat diikuti oleh banyak orang dan dapat digunakan secara gratis.

Tenaga pendidik bisa membuat ruang kelas mereka sendiri di Google Classroom. Tenaga pendidik tersebut bisa mengundang peserta didik untuk bergabung ke dalam kelas yang mereka buat dengan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya menggunakan email.

Google Classroom diperuntukkan bagi semua elemen yang terlibat dalam bidang pendidikan untuk saling membantu dalam hal pembelajaran, baik itu pembagian materi, pemberian tugas, maupun membuat sebuah pengumuman.

Google Classroom dikembangkan oleh Google untuk memudahkan para tenaga pendidik, baik itu guru maupun dosen, baik itu mereka yang bekerja di sektor pendidikan formal atau sektor pendidikan informal.

Aplikasi Google Classroom sangat membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran mereka. Google Classroom sangat membantu tenaga pendidik dalam menyelesaikan pekerjaan yang berulang. Misalnya seorang tenaga pendidik mempunyai tiga kelas dan dia harus menyampaikan materi yang sama.

Anda bisa bayangkan jika menggunakan aplikasi video conference, maka tenaga pendidik tersebut harus menyampaikan materi pembelajaran di setiap kelas. Tetapi, jika menggunakan Google Classroom, tenaga pendidik tersebut cukup membuat tiga ruang kelas dan memberikan materi yang sama di setiap kelas. Tiga pekerjaan bisa dilakukan dalam satu langkah. Sangat efektif bukan.

Rekomendasi Tutorial Seputar Google Classroom

Fitur Google Classroom

Buat Anda yang masih bingung, apa itu Google Classroom beserta fitur-fitur yang dimilikinya, maka tidak ada salahnya Anda mencoba memakai aplikasi ini untuk media pembelajaran Anda.

Google Classroom dilengkapi dengan tiga menu fitur utama, yaitu untuk membuat pengumuman, memberikan tugas dan menyampaikan materi secara daring.

Pengumuman

Pengumuman yang Anda sampai pada ruang kelas yang Anda buat akan disampaikan kepada anggota kelas Anda. Setiap ada pengumuman baru, maka peserta didik akan mendapat notifikasi mengenai pengumuman tersebut. Pengumuman tersebut juga bisa dikomentari oleh semua anggota kelas, tergantung apakah Anda mengaktifkan komentar atau tidak.

Tugas

Pada fitur membagikan tugas, Anda bisa mengatur deadline dari tugas yang Anda berikan. Anda bisa melihat setiap peserta didik yang telah berpartisipasi di dalam tugas yang Anda berikan.

Selain itu, Anda juga bisa sekaligus memberikan penilaian dari hasil tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik yang Anda bimbing. Anda juga bisa mengaktifkan komentar pada fitur ini apabila ada peserta didik yang masih kurang paham dengan tugas yang Anda berikan.

Materi dengan Dukungan Cloud

Fitur share materi pembelajaran memiliki fitur yang cukup lengkap. Anda bisa membagikan link dari materi yang ingin Anda berikan. Link tersebut dapat berupa link Google Docs, link video Youtube, maupun link Google Drive.

Fitur ini juga dilengkapi dengan komentar untuk saling bertukar pikiran antara tenaga pendidik dan peserta didik agar materi yang disampaikan bisa dipahami dengan sempurna.

Keunggulan Google Classroom

Bagi Anda yang sudah menggunakan Google Classroom, tentu Anda merasakan sekali manfaat dan keunggulan aplikasi ini dibanding aplikasi lain.

Simple

Google merancang aplikasi Google Classroom dengan integrasi yang sangat sederhana bersama G suite untuk pendidikan, sehingga dengan teknologi ini tenaga pendidik bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.

Aman

Selain itu, Google juga menjamin tingkat keamanan yang tinggi ketika menggunakan aplikasi Google Classroom sebab layanan ini terintegrasi dengan layanan Gmail yang reputasinya sangat baik dalam hal keamanan. Teknologi ini juga berfungsi sebagai media penyimpanan atau arsip digital bagi peserta didik atau tenaga pendidik yang apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Integrasi Luas

Google Classroom juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi pembelajaran lainnya besutan Google lainnya, seperti classcraft, Pear Deck, Quizizz, Tynker, Kami, dan Little SIS. Kolaborasi antara Google Classroom dan aplikasi tersebut akan sangat membantu tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajarannya.

Lintas Platform

Keunggulan selanjutnya adalah aplikasi ini bisa diakses di PC (personal computer) atau smartphone. Sehingga tenaga pendidik maupun peserta didik bisa belajar, mengerjakan tugas, dan melihat pengumuman bisa dimanapun tanpa harus bertatap muka. Sehingga sangat efisien dalam menyampaikan materi pembelajaran, tugas dan pengumuman.

Mudah Digunakan

Keunggulan selanjutnya adalah penggunaannya yang sangat friendly. Mulai dari pembuatan kelas baru sampai dengan personalisasi kelas tersebut. Semua bisa dikerjakan dengan langkah yang sangat sederhana.

Sehingga tenaga pendidik bisa fokus dengan tujuannya membuat kelas tersebut. Tenaga pendidik tidak disibukkan dengan rumitnya personalisasi dari sebuah aplikasi yang mereka gunakan.

Selain itu, Google Classroom juga hemat dari sisi pemakain kuota internet. Sebab, aplikasi ini fokus pada pembelajaran, baik itu dalam penyampaian materi maupun dalam pemberian tugas. Walaupun ada link materi yang dibagikan, tetapi link tersebut bisa diakses secara offline setelah peserta mengunduh materi atau tugas tersebut.

Keunggulan terakhir dari Google Classroom adalah para tenaga pendidik dan peserta didik tetap bisa berkomunikasi walaupun dalam kondisi apapun. Sebab, aplikasi Google Classroom bisa diakses di manapun dan kapanpun. Selain itu, Google Classroom juga terdapat fitur saling berkomentar untuk lebih meningkatkan komunikasi antara tenaga pendidik dan peserta didik.

Setelah mengetahui apa itu Google Classroom baik itu dari sisi keunggulan dan fiturnya, maka tidak ada salahnya Anda sesegera mungkin untuk mencoba aplikasi ini.

Selain untuk mencoba pengalaman yang lebih dalam suasana belajar daring, juga untuk lebih segera berhemat di kondisi pandemi COVID 19 ini yang semakin tidak menentu.

Mobile
oleh Imam
Artikel Terbaru