Pengertian, Fungsi, dan Paket Dropbox

 Pengertian, Fungsi, dan Paket Dropbox

Jika dahulu kita terbiasa menggunakan hardisk, flashdisk, maupun perangkat serupa lainnya untuk melakukan penyimpanan data, kini kita tidak memerlukannya lagi karena sudah tersedia berbagai layanan penyimpanan data online yang mudah digunakan seperti Dropbox.

Apa itu Dropbox?

Dropbox merupakan layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dengan menggunakan sistem penyimpanan berjaringan, Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain melalui internet dengan menggunakan sinkronisasi data.

Dropbox menjadi salah satu jenis cloud storage yang cukup populer dikalangan millennial. Selain karena sederhana dan mudah ketika digunakan, pengguna Dropbox juga bisa menggunakannya secara gratis, atau opsi lainnya Anda dapat mengeluarkan sedikit dana untuk membuat akun berbayar di Dropbox untuk memperoleh ruang penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga: Cara Menggunakan Layanan Dropbox di Smartphone dan PC

Namun sejatinya, Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi. Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa Dropbox digandrungi oleh kalangan milenial saat ini.

Dropbox menawarkan sebuah tempat terpusat untuk penyimpanan file online, berbagi file, dan sinkronisasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat bekerja sekalipun dalam perjalanan.

File yang telah Anda simpan di Dropbox telah disinkronkan di semua perangkat Anda dan dapat diakses secara real time. Data-data yang disimpan di dalam Dropbox biasanya berupa gambar, video, dokumen, audio, program dan juga aplikasi.

Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relatif besar, dengan penggunaan sistem operasi yang bervariasi, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop.

Fungsi Dropbox

Selain untuk melakukan penyimpanan data, Dropbox juga memiliki beberapa fungsi lain yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya, beberapa diantaranya yaitu :

Dapat Menyimpan Data Dalam Jumlah Besar

Fungsi pertama dari Dropbox yang umum diketahui banyak orang adalah dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar.

Dengan Dropbox, Anda dapat menyimpan dan membagikan dokumen Anda dengan efisien tanpa menghabiskan banyak ruang fisik untuk penyimpanan data yang Anda miliki.

Dapat Menjamin Keamanan Data

Dropbox dirancang dengan infrastruktur yang aman dan tersebar dengan berbagai lapisan perlindungan. Dropbox didesain dengan perlindungan berlapis, termasuk pemindahan data yang aman, enkripsi, konfigurasi jaringan, dan kontrol pada tingkat aplikasi yang didistribusikan di seluruh infrastruktur yang aman dan terus berkembang.

Dilansir dari laman resmi Dropbox, Dropbox juga menerbitkan laporan transparansi dan prinsip-prinsip permintaan data oleh pemerintah untuk menyampaikan seberapa sering Dropbox menerima, meneliti, dan menanggapi permintaan-permintaan penggunanya, dan juga mengupayakan reformasi hukum agar lebih melindungi privasi para penggunanya.

Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada perangkat Anda, Anda tidak perlu merasa khawatir karena semua data yang telah Anda simpan di Dropbox sudah secara otomatis terbackup oleh Dropbox. Sehingga selain menjamin kerahasiaan data, Dropbox juga menjamin keamanan data Anda yang telah tersimpan.

Agar lebih menunjang, Dropbox juga menyediakan fitur seperti perlindungan kata sandi, tanggal kadaluarsa tautan, dan izin unduhan, sehingga Anda bisa memastikan bahwa file yang dibagikan tetap berada di tempat yang semestinya.

Memungkinkan untuk Berbagi dan Mengerjakan Tugas Bersama-sama

Melalui Dropbox, Anda dapat berbagi file dengan cepat dan mudah. Hanya dengan membagikan tautan atau link, Anda dapat mengirim apa pun – dari foto dan video, hingga folder zip dan file CAD besar kepada siapa pun, sekalipun orang yang Anda kirim tidak memiliki akun Dropbox.

Berbeda dengan lampiran email, Anda tidak perlu khawatir tentang batas ukuran file. Dengan Dropbox, Anda dapat membagikan file sebesar kuota penyimpanan Anda (2GB dan lebih).

Dropbox juga memungkinkan penggunanya untuk dapat bekerja dalam proyek dengan beragam file bersama beberapa anggota tim. Dropbox memberikan ruang kerja yang lengkap untuk setiap orang, tempat dimana mereka dapat terkoordinasi dengan mengunggah konten, berbagi file, menambahkan deskripsi folder, dan memberikan daftar tugas.

Selain itu, setiap pengeditan yang dilakukan dalam folder tersebut akan segera disinkronkan dengan anggota lain, untuk kolaborasi secara real-time yang cepat dan mudah.

Mencadangkan Foto di Smartphone

Bagi Anda yang gemar melakukan swafoto atau berbagai aktivitas fotografi lainnya, Dropbox juga menawarkan fungsi yang dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Dropbox secara otomatis dapat mencadangkan foto-foto yang ada di gadget Anda, bahkan akan ditata secara otomatis berdasarkan tanggal foto tersebut diambil.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir jika foto-foto favorit Anda hilang karena ponsel rusak atau hilang. Namun pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Dropbox pada gadget milik Anda.

Kemampuan dalam Membackup Data

Dropbox memiliki fitur yang dapat membantu pemulihan file yang telah hilang menjadi lebih mudah. Ketika Anda memindahkan atau menghapus file di folder Dropbox atau di web, Dropbox akan mengonfirmasi ulang tindakan tersebut.

Hal ini mengurangi kemungkinan kehilangan data secara tidak sengaja. Anda bahkan bisa mengatur agar folder utama seperti Desktop, Documents, dan Downloads dicadangkan dan disinkronkan secara otomatis.

Secara default, Dropbox mencadangkan semua file Anda, termasuk versi awal file, selama 30 hari penuh atau 180 hari untuk pengguna Dropbox Business, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika file Anda tidak sengaja terhapus, hilang, atau diperbarui terlalu dini.

Dapat Digunakan Secara Offline

Tidak seperti kebanyakan aplikasi serupa, Anda dapat menggunakan atau mengakses Dropbox bahkan disaat tidak memiliki paket data internet. Dengan sinkronisasi dan akses offline, Anda dapat dengan mudah mengatur agar file di Dropbox Anda tersedia saat Anda tidak terhubung dengan Wi-fi.

Dengan menggunakan Dropbox memungkinkan Anda untuk menyinkronkan file secara otomatis ke komputer Windows atau Mac Anda supaya Anda dapat mengaksesnya secara offline. Anda juga dapat mengatur agar file tersedia melalui sinkronisasi offline di perangkat iOS dan Android.

Pencarian Mudah

Jika kebanyakan ponsel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menelusuri suatu data yang Anda perlukan, dengan Dropbox Anda akan dapat menemukannya dengan waktu yang relatif cepat. Hal ini tentu dikarenakan Dropbox beroperasi dari cloud, pencarian beroperasi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Jenis dan Paket Dropbox

paket berlangganan dropbox

Pada umumnya, Dropbox memiliki banyak paket, salah satu paket yang banyak digunakan oleh pengguna adalah paket basic, namun Dropbox sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Dropbox untuk Penggunaan Pribadi

Seperti namanya, jenis paket Dropbox ini umumnya lebih sering dipakai bagi pengguna Individu. Dalam paket pribadi, tersedia 2 paket yang ditawarkan yaitu :

  • Paket Plus dengan harga US$9,99/bulan. Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2.000 GB dan hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna.
  • Paket Family dengan harga US$16,99/bulan. Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2.000 GB dan dapat digunakan oleh hingga 6 pengguna.
  1. Dropbox untuk Pekerjaan

Bagi Anda yang mempunyai usaha atau perusahaan dengan jumlah pekerja yang banyak yang mengharuskan Anda untuk menyimpan file dalam jumlah besar secara terus menerus, maka Dropbox menjadi solusi yang tepat. Dalam Dropbox jenis ini, terdapat 2 paket yang ditawarkan dengan jenis tagihan bulanan maupun tahunan.

Paket Professional

Paket Professional yang dibayar setiap bulan dengan harga US$19,99/bulan dan yang dibayar per tahun dengan harga US$16,58/bulan. Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 3 TB dan hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna.

Fitur dalam paket profesional :

  • Dapat mengirim file hingga 100 GB dengan Dropbox Transfer.
  • Folder offline seluler dan penghapusan akun dari jarak jauh
  • Pemberian tanda air dokumen.
  • Email prioritas dan dukungan obrolan langsung.
  • Memulihkan file Dropbox yang diubah atau dihapus dalam jangka waktu 180 hari.

Paket Profesional+eSign

Paket Profesional+eSign yang dibayar setiap bulan dengan harga US$31,99/bulan dan yang dibayar per tahun dengan harga US$24,99/bulan. Memiliki kapasitas penyimpanan 3TB dan hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna.

Fitur dalam paket professional+eSign :

  • Mendapatkan semua fitur Dropbox Professional
  • Menambahkan Tanda tangan elektronik ke dokumen tanpa keluar dari Dropbox
  • Menandatangani sebanyak mungkin permintaan Tanda tangan elektronik
  • 5 template untuk dokumen yang paling sering ditandatangani
  • Validasi data bawaan untuk memastikan keakuratan informasi

Paket selengkapnya bisa dibaca di situs resmi Dropbox.

Referensi

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *