4Shared, Layanan Cloud yang Kadang Menjengkelkan

 4Shared, Layanan Cloud yang Kadang Menjengkelkan

Menjadi salah satu layanan yang populer di kalangan blogger, apa sebenarnya kelebihan 4Shared dan mengapa ia begitu disukai tapi juga terkadang menjengkelkan?

4shared adalah sebuah layanan penyedia penyimpanan berkas dalam jaringan internet yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunggah (upload) dan mengunduh (download) berkas dalam jaringan menggunakan perambah web.

Sebelum munculnya teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini, 4shared menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan pada saat itu. Terlebih bagi mereka yang suka mendengarkan lagu, pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama 4shared.

Dulu, aplikasi ini dikenal oleh sebagian orang hanya sebagai aplikasi atau situs tempat untuk mengunduh lagu-lagu terbaru secara gratis. Namun lebih dari itu, 4shared juga sebenarnya dapat digunakan untuk menyimpan beberapa jenis file lain seperti file dalam bentuk gambar, dokumen, dan lain sebagainya.

Berkas yang telah diunggah ke 4shared akan disimpan dalam jaringan dan kemudian akan diberi alamat URL dan tautan web yang memungkinkan bagi pemilik akun ataupun pengguna lain baik yang terdaftar ataupun tidak untuk dapat mengunduh dan berbagi-pakai berkas tersebut.

4shared juga memungkinkan Anda untuk mencari dan menemukan berkas yang Anda butuhkan dalam basis data berkas 4shared yang sangat besar.

Di samping itu, pengguna dapat dengan mudah untuk menetapkan berbagai filter pencarian (waktu pengunggahan, ukuran, jenis berkas, dsb.) untuk mendapatkan hasil terbaik dan menambah berkas yang diperlukan ke akun Anda sendiri di 4shared.

Aplikasi Pendukung 4shared

Aplikasi 4shared Desktop

4shared desktop merupakan sebuah software pengatur yang disediakan secara gratis untuk pengguna Windows, Linux, dan Mac yang memungkinkan pengunggahan dan pengunduhan dilakukan secara mudah dengan cara mengklik kanan suatu berkas layaknya sistem pengatur berkas yang ada pada standar Windows.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan yaitu kemampuan me-resume pengunggahan dan pengunduhan yang terputus, serta memberikan detail statistik dari transfer data yang dilakukan dan lain sebagainya.

Aplikasi 4shared Mobile

Hampir serupa dengan 4shared desktop, yang menjadi perbedaannya adalah software satu ini beroperasi pada telepon seluler yang bersistem operasi Symbian dan iPhone.

4shared mobile merupakan aplikasi gratis ramah pengguna yang memungkinkan Anda untuk dapat mengakses dan mengelola berkas di penyimpanan awan pribadi Anda di 4shared, dengan ruang simpan gratis sebesar 15GB.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengakses dan mendengarkan musik, melakukan streaming trek yang dianjurkan di mana saja, membuat dan mengelola daftar putar Anda sendiri, dan mendengarkan trek favorit dalam mode offline secara langsung melalui aplikasi.

Selain itu melalui 4shared mobile, Anda dapat menonton video,membaca ebook PDF, dokumen (segala jenis MS Office), dan lain sebagainya.

4shared Toolbar

4shared toolbar adalah peranti lunak yang dapat dipasang pada beberapa perambah web seperti Safari, Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Peranti ini memungkinkan untuk dapat mengakses 4shared Desktop, laman web 4shared dan akun 4shared pribadi.

Melalui 4shared toolbar, pengguna dapat mendapatkan akses permainan gratis, menonton TV dan mendengarkan stasiun radio dalam jaringan, dan menerima informasi dan pengumuman langsung dari 4shared.

Cara Menggunakan Aplikasi 4shared

Cara menggunakan aplikasi 4shared di Android

  • Unduh aplikasi 4shared pada Google Play Store.
  • Buka aplikasi.
  • Jika belum memiliki akun, maka Anda dapat mendaftar terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik icon pencarian yang ada di bagian bawah kanan menu, lalu pilih jenis file yang ingin Anda unduh, contohnya jika ingin mengunduh sebuah lagu maka klik ikon “musik”
  • Setelah itu, masukkan nama lagu yang ingin Anda cari
  • Ketika sudah muncul, klik icon titik tiga dan pilih “Download”
  • Tunggu beberapa saat sampai proses unduh selesai, file tersebut akan tersimpan secara otomatis.

Cara menggunakan aplikasi 4shared di website resmi 4shared

  • Kunjungi situs resmi 4shared di https://www.4shared.com/?locale=in
  • Kemudian login terlebih dahulu, jika belum memiliki akun maka silahkan klik “Daftar”. Atau Anda juga dapat login menggunakan akun Facebook, Gmail, ataupun Twitter.
  • Setelah itu pada kolom pencarian, Anda dapat mengetikkan nama file, musik, video ataupun gambar yang ingin Anda cari, sebagai contoh kita akan mencari lagu berjudul “JanjiMu Seperti Fajar”
  • Jika sudah muncul, silahkan klik lagu tersebut.
  • Kemudian Anda akan dialihkan ke laman seperti berikut, klik unduh.
  • Lalu klik lagi “Unduh Gratis”
  • Tunggu beberapa saat sampai proses unduh selesai, file tersebut akan tersimpan secara otomatis.

Sebagai catatan, apabila Anda menggunakan aplikasi 4shared pada laman resmi 4shared, mungkin Anda akan merasa kurang nyaman karena banyaknya iklan yang ditampilkan pada laman tersebut.

Referensi: Wikipedia
Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *