Adobe Merilis Premiere Pro Beta Versi Apple Silicon, Fokus Pada Fungsi Pengeditan Inti

 Adobe Merilis Premiere Pro Beta Versi Apple Silicon, Fokus Pada Fungsi Pengeditan Inti

Adobe telah merilis beta publik pertama Premiere Pro versi Arm untuk macOS. Lewat pembaruan ini, pengguna Mac dengan chipset baru Apple M1 dapat menjalankan software edit video secara native.

Dalam pengumumannya, Adobe mencantumkan sejumlah bug yang diketahui dan fitur-fitur yang hilang. Adobe mengatakan beta publik pertama ini mencakup semua fungsi pengeditan inti dan alur kerja seperti warna, grafik, dan audio. Serta fitur production dan multicam dengan dukungan codec yang paling banyak digunakan seperti H.264, HEVC, dan ProRes.

Adobe akan mem-porting fitur Premiere Pro secara bertahap. Integrasi pihak ketiga seperti driver, efek, dan plugin perlu diperbarui oleh pengembangnya masing-masing agar dapat bekerja secara native di Apple Silicon.

Adobe juga telah merilis Premiere Rush dan Adobe Audition beta versi Arm, bergabung dengan aplikasi Adobe lainnya termasuk Photoshop dan Lightroom. Untuk mengunduh versi beta dari ketiga software tersebut, pengguna dapat mengaksesnya dari aplikasi Creative Cloud Desktop pada Mac dengan Apple M1.

Sebagai pengingat, Apple merilis tiga model Mac dengan chip Apple M1 yaitu MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, dan Mac Mini pada bulan November. Ini chipset pertama Apple yang dirancang khusus untuk platform Mac dengan arsitektur Arm alias Apple Silicon. Artinya yang tertanam di Apple M1 bukan cuma prosesor saja, melainkan juga GPU dan memori (RAM) sekaligus.

Selain itu, Apple M1 sudah dibuat menggunakan proses pabrikasi 5 nanometer, dengan total jumlah transistor yang mencapai angka 16 miliar. Secara struktural, Apple M1 terdiri dari prosesor 8-core, GPU 8-core, dan Neural Engine 16-core.

Sumber: The Verge

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *