8 Masalah Error di Zoom dan Cara Mengatasinya

8 Masalah Error di Zoom dan Cara Mengatasinya

Anjuran Stay at Home yang digalakkan pemerintah di masa pandemi yang masih berlangsung, mengharuskan kita melakukan segala sesuatu dari rumah. Entah itu belajar ataupun bekerja. Sistem pembelajaran ataupun kegiatan kerja seperti rapat kini dilakukan dengan sistem daring menggunakan aplikasi Zoom sebagai media video conference.

Walau aplikasi ini telah dipakai secara masif lebih dari satu tahun, tetapi tetap saja ada beberapa kendala yang kerap dialami oleh masyarakat saat menggunakan aplikasi video conference ini. Apa saja masalah-masalah tersebut? Dan bagaimana cara termudah untuk mengatasinya? Semua akan dibahas secara lengkap hanya di sini pastinya.

Berkenalan dengan Zoom

Sebelum masuk ke dalam permasalahan yang kerap hadir saat menggunakan Zoom, alangkah lebih baik kita mengenal lebih jauh aplikasi meeting jarak jauh yang paling populer saat ini.

Baca juga: Apa itu Zoom, Fitur dan Cara Menggunakannya

Zoom adalah aplikasi konferensi video yang berasal dari Amerika Serikat. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2011 ini dapat digunakan pada komputer, laptop, tablet ataupun smartphone.

Pada masa awal aplikasi ini dibuat, tujuan utamanya adalah untuk mempermudah perusahaan atau organisasi dalam mengakomodir para karyawan atau anggotanya secara jarak jauh.

Fitur-fitur yang Dimiliki Zoom

Aplikasi yang kini digunakan oleh sejuta umat dari berbagai belahan dunia ini memiliki banyak fitur, di antaranya :

  • Video dan Audio Kualitas HD

Aplikasi ini menghadirkan konferensi video dengan kualitas HD untuk video dan audio. Ini tentunya akan membuat pengalaman bertelekonferensi jarak jauh menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

  • Kapasitas Peserta Konferensi Video yang besar

Peserta pada satu konferensi video pada aplikasi Zoom ini dapat mencapai hingga 1000 orang dengan 49 video yang dapat ditampilkan di layar.

  • Collaboration Tools

Alat kolaborasi yang merupakan fitur dari aplikasi Zoom memungkinkan para peserta dapat berbagi layar bersamaan dan dapat menulis pesan atau catatan sehingga video konferensi akan lebih interaktif.

  • Keamanan

Anda tidak perlu khawatir saat mengadakan rapat penting, karena aplikasi ini memakai sistem enkripsi end-to-end sehingga semua pembahasan pada Video konferensi akan terjamin kerahasiaannya.

  • Fitur Rekaman

Apakah rapat yang Anda buat atau Anda ikuti merupakan rapat penting? Tenang dengan aplikasi pada Zoom ini Anda dapat merekam video konferensi yang berlangsung sehingga dapat disimak kembali di lain waktu.

  • Fitur penjadwalan

Ingin mengatur jadwal rapat atau daring tertentu. Agar tak lupa, Anda dapat mengatur jadwalnya pada aplikasi Zoom agar semua rapat dan kegiatan terorganisir dengan baik.

  • Fitur Group Chat

Aplikasi Zoom juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam. Berkomunikasi dengan peserta lainnya pada sebuah grup video konferensi sangat mudah untuk dilakukan dengan fitur chat pada aplikasi ini.

Kabar baiknya lagi arsip pesan dapat disimpan pada aplikasi ini selama 10 tahun sehingga Anda dapat menyimpan catatan-catatan penting yang tertuang pada obrolan grup.

8 Masalah di Zoom dan Solusinya

Nah, setelah selesai dengan perkenalan aplikasi kini kami akan mengajak Anda pada penjelasan inti yaitu masalah apa saja yang sering hadir saat menggunakan aplikasi ini dan bagaimana cara mengatasinya. Simak baik-baik!

Sering Terjadi Force Close Mendadak

Salah satu hal menjengkelkan saat menggunakan Zoom adalah waktu rapat atau pembelajaran akan segera dimulai, tapi saat membuka Zoom, aplikasi ini malah force close atau selalu keluar dengan sendirinya secara terus menerus.

Apalagi jika force close seperti ini terjadi di tengah-tengah konferensi video, gawat sekali, bukan?

Nah, force close dapat diatasi atau dihindari kok, beberapa cara yang dapat dicoba adalah :

  • Periksa koneksi internet di tempat Anda karena kendala force close ini sering disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil. Anda dapat berpindah tempat dan mencoba masuk kembali.
  • Cek apakah kuota internet tersedia dan cukup untuk melakukan video konferensi.
  • Ponsel dengan spek rendah dan memiliki RAM sedikit memang tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai media video konferensi menggunakan Zoom.
  • Untuk itu pastikan Ponsel Anda memiliki spesifikasi yang baik dan kapasitas RAM yang cukup luas agar dapat menggunakan Zoom dengan baik.
  • yang dipakai terus menerus tanpa istirahat tentu akan membuat smartphone Anda kelelahan dan menjadi sangat panas. Maka dari itu aplikasi Zoom akan menutup dengan sendirinya jika sudah seperti ini. Istirahatkan smartphone Anda terlebih dahulu dengan cara mematikannya beberapa saat sebelum menggunakan Zoom ini.

Tidak dapat Sign In

Apakah Anda pernah menemukan keterangan yang berbunyi seperti ini : you are not eligible to sign in to Zoom at this time.

Jika ya, mungkin ini berkaitan dengan informasi umur yang terdapat pada email yang Anda gunakan untuk sign in, yang belum mencapai 16 Tahun.

Jika, Anak Anda sign in ke Zoom dengan akun google miliknya yang mana pada akun Tersebut usianya masih di bawah 16 tahun, hal ini pasti terjadi.

Salah satu Cara mengatasinya adalah, hapus akun Zoom terlebih dahulu. Buat email baru dengan usia yang disesuaikan dan log in dengan email baru tersebut.

Email aktivasi belum masuk

Masalah yang satu ini kerap terjadi pada banyak aplikasi termasuk Zoom. Saat Anda ingin mengaktifkan akun Zoom Anda, Anda tidak dapat menemukan email aktivasi walau keterangannya telah berhasil dikirim.

Jangan panik dulu, cobalah cek semua folder pada email Anda seperti folder spam dan lainnya. Jika masih belum ditemukan dan telah mencapai waktu lebih dari 30 menit Anda dapat memasukkan whitelist email yaitu no-reply@Zoom.com disertai dengan alamat IP berikut

198.2.179.123
198.2.179.168
198.2.179.86

Jika akun Anda dikelola oleh kantor, konfirmasikan pada Admin pengelola sehingga ia yang akan melakukan step ini.

Salah satu Fitur menghilang

Bagi Anda yang mengakses Zoom dengan menggunakan website akan ada beberapa fitur penting yang tidak tersedia seperti fitur berbagi layar. Ditambah lagi dengan waktu yang diperlukan untuk masuk ke meeting akan lebih lama dan lebih sulit.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan Zoom versi aplikasi yang tentunya memiliki fitur lengkap dan lebih mudah untuk digunakan.

Audio Tidak Berfungsi

Saat Anda sedang mengikuti video konferensi namun tidak ada suara yang terdengar atau senyap. Ini tandanya Anda belum mengaktifkan tombol Audio pada Zoom Anda.

Pilih bagian yang bertuliskan, Join Audio atau Join with Computers Audio untuk mengaktifkan fitur Audio pada Zoom ini. Jangan lupa jika icon mic yang berada di kiri bawah masih dalam keadaan tercoret, segera klik agar mic berfungsi dengan baik.

Zoombombing

Bagi Anda yang aktif menggunakan aplikasi Zoom, pastinya tahu akan hal ini atau bahkan pernah mengalaminya.

Zoombombing adalah suatu kondisi di mana sebuah konferensi video yang tengah berlangsung disusupi oleh orang asing yang akan mengganggu kelancaran kegiatan tersebut. Jadi bisa dibilang semacam hacker.

Cara mengatasi masalah ini antara lain, update aplikasi Zoom ke versi terbaru dan juga mengunci rapat atau lock meeting saat semua peserta telah memasuki ruang video konferensi.

Lalu ingat, janganlah membagi ID Number pada media sosial, lebih baik melalui personal one by one.

Kebisingan pada latar belakang

Kembali ke masalah audio. Pada meeting yang diikuti oleh banyak peserta tentunya akan menimbulkan tingkat kebisingan yang lumayan mengganggu. Hal ini dikarenakan tempat tiap orang mengikuti meeting tersebut berbeda-beda.

Untuk mengatasi hal ini, host dapat mengatur aturan mute untuk semua peserta meeting kecuali host. Caranya sangat mudah, pada menu tugas pilih bagian participants kemudian klik more, pilih mute participants on entry yang akan membuat mematikan semua microphone peserta secara default.

Keterbatasan waktu pada Zoom

Jika Anda menggunakan Zoom versi gratis Anda tidak dapat mengikuti meeting yang durasi waktunya panjang, seperti 1 jam ke atas. Karena, untuk versi gratis sendiri Anda hanya dapat mengikuti konferensi video selama 40 menit per sesi dan jika telah mencapai waktu tersebut Zoom Anda akan keluar dari meeting secara otomatis.

Bukan hanya itu untuk jumlah peserta yang dapat mengikuti meeting pada Zoom versi gratis hanya mencapai 100 orang saja serta Anda tidak dapat merekam konferensi video yang berlangsung.

Bagi Anda yang ingin akses penuh dan lengkap pada Zoom, Anda dapat berlangganan dengan biaya mulai dari $15 per bulannya.

Bagaimana? Semua masalah yang terjadi pada Zoom meeting Anda kini telah teratasi bukan?

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi 8 masalah yang kerap terjadi pada Zoom. Kini Anda dapat mengikuti meeting dengan lebih nyaman karena memiliki solusi ketika nantinya menemukan kendala. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *