5 Tool Analisis SEO untuk Memeriksa Seberapa Optimal Web Anda

Memantau seberapa optimal situs menjadi lebih mudah
5 Tool Analisis SEO untuk Memeriksa Seberapa Optimal Web Anda

Algoritma Google yang terus berubah membuat kita kebingungan bagaimana posisi website kita sebenarnya. Walaupun banyak teori SEO yang menyebutkan bahwa algoritma Google berupa ini dan itu, namun tidak ada yang tahu pasti bagaimana cara Google menilai sebuah website layak untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencarian.

Oleh karena itu, berikut ini sejumlah tools analisis SEO yang bisa Anda gunakan melihat kesehatan elemen-elemen SEO website Anda, membantu memantau bahwa semua tindakan sudah dilakukan dengan benar.

Google Webmaster Tools

Alat yang pertama adalah Google Webmaster atau sekarang disebut dengan Google Search Console. Alat analisis yang satu ini tidak memungut biaya ke penggunanya alias gratis. Kegunaan dari Webmaster Tools adalah untuk menganalisis website Anda. Alat ini memiliki sejumlah fitur seperti Fetch as Google yang bisa melihat URL website Anda dari kacamata Google, PageSpeed Insight, Google Developer dan lain-lain.

Ahrefs

Ahrefs merupakan tools SEO yang berguna untuk melakukan beberapa hal, salah satunya riset keyword. Alat ini memberi Anda gambaran tentang website Anda, link dan ranking website sehingga bisa membantu dalam memutuskan bagaimana yang terbaik untuk website Anda. Tools ini juga memiliki fitur yang beraneka ragam. Misalnya Site Exploler, Content Exploler, dan Keyword Exploler. Sayangnya Ahrefs bukanlah tools gratis melainkan harus membayar dimulai dengan $99 per bulan.

Woorank

Tools ketiga yang digunakan untuk analisis SEO adalah Woorank. Tools ini bisa menganalisis secara mendalam dan bisa membantu marketer untuk mengoptimasi dan meningkatkan kinerja websitenya.  Jika Anda menggunakannya untuk website, Anda akan diberi laporan mengenai SEO, pengunjung, sosial media, dan masih banyak lagi. Tools ini tentunya tidak gratis, namun Anda akan diberi masa percobaan secara gratis sampai 14 hari.

Hubspot

Pada tahun 2007, Hubspot merilis Website Grader, sebuah tools yang berguna untuk menganalisis website. Tools online ini akan memberitahu Anda tentang performance website, SEO website Anda, dan apakah website Anda mobile friendly atau tidak. Karena tools ini online, Anda bisa menggunakanya secara gratis.

Check My Links

Tools ini untuk memastikan bahwa link Anda benar-benar bekerja atau tidak. Check My Link bisa digunakan untuk mengecek link internal maupun eksternal. Jika Anda membutuhkan alat yang bisa mendeteksi link rusak pada website maka tools ini adalah pilihan yang tepat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tools ini karena penggunannya gratis.

Demikian 5 tools yang bisa Anda gunakan untuk memeriksan kesehatan SEO website Anda. Kelima tools di atas bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Gambar header Pixabay

Web
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru