5 Tips Mengoptimalkan Youtube untuk Kepentingan Bisnis

Bukan semata-mata mainan para konten kreator, YouTube juga bisa jadi lahan promosi
5 Tips Mengoptimalkan Youtube untuk Kepentingan Bisnis

Anda punya akun YouTube tapi hanya dipakai untuk menonton video saja? Sayang dong, padahal YouTube kan juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, misalnya memperkenalkan brand Anda, meluaskan pasar, promosi dan lain sebagainya.

Untuk memanfaatkan youtube sebagai media promosi bisnis Anda, perlu tips khusus yang perlu diperhatikan. Tidak sekedar gencar promosi namun video yang menarik juga amat penting. Sebab YouTube bukan media yang berisi gambar, melainkan video yang harus membuat orang tertarik untuk menontonnya. Berikut ini adalah 5 tips memanfaatkan YouTube untuk promosi bisnis.

Membuat Video Semenarik Mungkin Terkait Produk Anda

Promosi bisnis di YouTube tidak semudah yang dibayangkan, namun juga tidak sesulit itu tergantung bagaimana upaya dan kemauan Anda. Hal ini karena promosi di  YouTube memiliki tantangannya sendiri.

Anda harus membuat video terkait produk Anda semenarik mungkin dan videonya juga jangan terlalu singkat. Misalnya Anda menjual sepatu, maka di dalam video yang Anda buat perlihatkan kualitas sepatu Anda dan apa bedanya dengan produk lain, semua dibahas dan dikemas dengan tampilan dan angle yang menarik.

Cantumkan Call to Action

Setelah membuat calon pembeli merasa tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, jangan lupa untuk menambahkan informasi ke mana mereka harus memesan.

Jangan membuat calon pembeli bingung harus menghubungi siapa jika ingin membeli. Taruh identitas Anda seperti nomor telepon bisnis, email, atau online shop yang bisa digunakan untuk membeli produk Anda di kolom deskripsi. Jadi calon pembeli langsung tahu dimana mereka harus membeli produk Anda.

Memaksimalkan Kolom Komentar

YouTube juga memiliki algoritma seperti sosial media lainnya. Video yang viral tidak hanya karena jumlah views-nya yang banyak melainkan juga ada faktor banyak tidaknya komentar. Jadi Anda harus membuat video yang memancing tanda tanya orang atau layak untuk menjadi bahasan. Namun tentu saja komentarnya harus baik dan positif.

Tampilkan Testimoni

Tak hanya menampilkan video yang berisi produk Anda, orang juga biasanya lebih tertarik mendengarkan video testimoni dari orang yang sudah membeli produk. Misalnya produk Anda adalah minuman Thai tea atau minuman kekinian lainnya, maka Anda bisa membuat video wawancara kepada pembeli tentang bagaimana rasa dari minuman Anda.

Beriklan di YouTube

YouTube sebagai platform yang ditonton oleh orang di seluruh dunia tentu dimanfaatkan oleh pelaku bisnis di luar sana. Pernahkah Anda sedang asik menonton video youtube tiba-tiba ada iklan yang menyela? Seperti itulah penampakan produk Anda jika diiklankan di YouTube . Tapi, Anda harus membayar dahulu sesuai dengan durasi tayangan dan berapa kali iklan Anda di tayangkan.

Demikian tips-tips agar sukses berbisnis menggunakan media youtube. Jika Anda terus konsisten dengan usaha, maka kata berhasil tidak lagi menjadi mimpi. Selamat mencoba dan  semoga sukses.

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru