5 Tips Beli Gadget Bekas Online di Tokopedia

 5 Tips Beli Gadget Bekas Online di Tokopedia

Photo by Jonas Leupe on Unsplash

Pernah kecewa saat membeli gadget bekas? Dulu sekali saya pernah beberapa kali, dari masalah baterai hingga mendapati kondisi mati total setelah sehari pakai. Resiko membeli barang bekas nyata adanya, tetapi saya lebih banyak merasa puas daripada kecewa asalkan teliti dan mengetahui triknya.

Pada artikel ini, saya akan membahas tips membeli gadget bekas online terutama smartphone dan kamera mirrorless di Tokopedia. Menurut saya belanja online di Tokopedia lebih cukup aman, karena pembayaran Anda baru diteruskan kepada pihak penjual setelah barang Anda terima sehingga mengurangi resiko penipuan.

1. Pilih Gadget yang Masih Bergaransi Resmi

Pertama buat daftar tipe perangkat yang diincar. Untuk smartphone Android perlu memperhatikan tanggal rilis, sebaiknya pilih tipe yang dirilis maksimal satu tahun. Sementara, untuk iPhone lebih aman bahkan bila memilih generasi dua tahun lalu.

Begitu pula dengan kamera, biasanya semakin baru tipenya yang membedakan dengan generasi sebelumnya ialah kemampuan videonya. Cari tahu jumlah shutter count-nya karena menggambarkan pemakaian pengguna sebelumnya.

Selanjutnya hal paling penting yang wajib diperhatikan ialah garansi, cari gadget bekas yang masih aktif garansi resminya alias pemakaiannya kurang dari satu tahun. Saya sudah buktikan, beberapa kali mendapatkan kamera idaman yang masih sangat mulus.

2. Gunakan Filter Pencarian di Tokopedia

Bagaimana caranya mendapatkan gadget bekas yang masih bergaransi? Kuncinya ialah pemantauan, jangan buru-buru dan cepat puas, cari selama beberapa hari atau minggu, manfaatkan filter pencarian di Tokopedia.

Caranya sebagai berikut:

  • Dari aplikasi Tokopedia, masukkan tipe perangkat di kolom pencarian
  • Selanjutnya klik filter
  • Atur urutkan berdasarkan yang terbaru
  • Pilih kondisi bekas
  • Atur opsi terakhir ditambahkan 1 bulan atau 3 bulan

3. Sebelum Bertanya, Baca Deskripsi dengan Baik

Lewat pengaturan di atas, hasil pencarian telah dioptimalkan untuk mendapatkan barang bekas terbaru. Tugas selanjutnya ialah seleksi, klik satu per satu katalog produk, baca deskripsi, perhatikan foto, dan pastikan masih bergaransi resmi aktif.

Jadilah pembeli yang pintar, tanyakan yang belum jelas tentang kelengkapan maupun kondisi barang tersebut setelah membaca deskripsi. Jangan mudah tergiur harga yang terlalu murah, kuncinya teliti sebelum membeli.

4. Penjual Langsung Vs Toko

Ada dua tipe penjual di Tokopedia, yaitu penjual pengguna langsung dan toko online, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk penjual dari pengguna langsung, harga jualnya kemungkinan bisa dapat sedikit lebih murah dan juga bebas melakukan nego asal jangan sadis. Sementara, toko online punya banyak katalog dan harganya mungkin sedikit lebih tinggi, tetapi barang yang dijual sudah dicek kondisinya oleh mereka.

Kelebihan belanja online ialah tidak ada batasan geografis, bila penjual berbeda kota yang penting pastikan packing dilakukan dengan aman dan bila perlu packing kayu. Untuk COD masih terbatas dengan satu kota yang sama dan di kondisi pandemi sekarang ini bertemu orang untuk transaksi cukup berisiko tertular covid-19.

5. Cek Kondisi Sebelum Menyelesaikan Transaksi

Setelah gadget incaran Anda tiba di rumah, sebaiknya cek kondisi secara menyeluruh dengan teliti dan pastikan sesuai deskripsi. Anda memiliki tiga hari sebelum transaksi dianggap selesai secara otomatis dan dana akan diteruskan ke saldo Tokopedia penjual.

Itulah tips beli gadget bekas online di Tokopedia. Bila mengikuti trik di atas, bukan mustahil Anda akan mendapatkan gadget bekas yang masih mulus dan bergaransi resmi masih aktif.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *