5 Plugin WordPress untuk Menjaga Keamanan Blog

Makin canggih, ancaman juga makin banyak

WordPress menyediakan tool untuk membuat apapun yang Anda inginkan misalnya website pribadi, toko online, atau untuk membuat portofolio dan lain sebagainya. Penggunanya sendiri terus bertumbuh di seluruh penjuru dunia.
Salah satu keunggulan WordPress adalah adanya plugin. Plugin sangat dibutuhkan untuk memperkaya fitur di dalam blog Anda. Plugin memilik fungsi yang berbeda-beda, salah satunya menjaga keamanan blog agar tidak diserang oleh bot atau peretas. Berikut ini beberapa plugin WordPress yang ampuh sebagai sistem keamanan.

Acunetix WP Security Scan

Plugin ini merupakan plugin keamanan yang dapat digunakan secara gratis. Acunetix WP Security Scan juga dapat untuk membantu mengamankan instalasi WordPress dan juga menyarankan perbaikan-perbaikan seperti mengamankan database, mengamankan hak akses file, perlindungan admin, dan lain sebagainya.

Wordfence Security


Sebelum menjalankan softwarenya, Wordfence Security terlebih dahulu memeriksa apakah WordPress Anda sudah terkena virus atau belum dengan cara melakukan served-side scan yang mendalam ke WordPress Anda. Kemudian, Wordfence akan mengamankan situs WordPress Anda dan membuatnya optimal 50 kali lebih cepat. Plugin ini juga banyak menjadi favorit karena penggunaanya 100% gratis. Selain itu dilengkapi juga dengan API key premium agar bisa mendapat dukungan premium.

Bulletproof Security


Jika Anda membutuhkan plugin untuk menghalau serangan peretas atau hacker maka Bulletproof security mungkin cocok untuk Anda. Plugin ini mampu melindungi file wordpress inti dan mencegah hacker untuk menambahkan konten ke situs Anda tanpa izin. Plugin ini juga akan mengirimkan email kepada pemilik WordPress apabila ada aktivitas yang mencurigakan.

The Sucuri Security


Plugin ini memiliki sistem scanner yang dapat memindai situs WordPress Anda. Sucuri SiteCheck bisa memindai masalah keamanan dan malware serta memverifikasi keamanan file inti WordPress. Sucuri juga termasuk audit dan ion security untuk membantu Anda mengatur ulang password dan secret key jika kasusnya WordPress Anda sudah hack atau terkena malware.

iThemes Security


Plugin ini termasuk yang paling populer diantara plugin lainnya. Plugin ini juga dikenal sebagai WP Better Security yang pada akhirnya tahun 2013, iThemes mengambil alih kemudian mengembangkannya. Plugin ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk WordPress dan juga keamanan pada situs Anda.
Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru