5 Pilihan Software PC untuk Membuat Aplikasi Android

Dari yang berbasis browser hingga aplikasi PC
Software untuk Membuat Aplikasi Android

Penggunaan Android yang semakin meningkat berdampak terhadap aplikasi yang terdapat di dalamnya. Hal ini memberi peluang untuk Anda yang punya skill di bidang pemograman. Bahkan, kini bagi pemula sudah banyak aplikasi dan tool yang memudahkan Anda membuat aplikasi Android.

Nah, berikut ini adalah 5 software PC untuk membuat aplikasi Android secara gratis.

Eclipse

Software ini dapat digunakan secara gratis dan dapat digunakan di berbagai platform independent seperti  Microsoft Windows, Linux, AIX, HP-UK, Mac OS X, dan Solaris. Bahasa program yang digunakan adalah Java Script. Dapat Dimanfaatkan juga sebagai tes perangkat lunak atau pengembangan web.

Aplikasi ini termasuk kategori open source, sehingga siapapun dapat mengakses kode pemrograman dan melakukan pengembangan aplikasi dengan komponen plug-in.

Andromo.com

Merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk  membuat aplikasi tanpa harus memakai coding. Selain dapat diunduh dengan gratis di Google PlayStore, Andromo.com juga sangat mudah dioperasikan untuk membuat aplikasi Android.

Aplikasi ini menyajikan template yang cukup lengkap, dan Anda hanya harus melakukan sedikit perubahan pada bagian-bagian tertentu. Melalui aplikasi Andromo.com, Anda dapat membuat aplikasi android terkait dengan kontak informasi, HTML 5 javascript, map navigasi, PDF, podcast, dan lainnya sebagainya dengan sangat mudah.

AppsGeyser.com

Aplikasi web desktop ini menyajikan template yang beragam sehingga tidak memerlukan bahasa pemrograman untuk mengoperasikannya. Tak hanya aplikasi Android yang dapat dibuat oleh AppsGeyser.com, tapi juga aplikasi web, messenger atau browser. Namun, Anda harus melakukan registrasi dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Appypie

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk membuat aplikasi untuk berbagai perangkat seperti Android, iPhone, Windows, Dam Fire OS dan lain sebagainya. Untuk mengoperasikannya, Anda harus melakukan pendaftaran di awal.

Tahapan yang dilakukan ketika menggunakan Appypie adalah proses selection, design, dan built. Fitur pilihan yang terdapat di dalamnya cukup lengkap sehingga membuat software ini diminati banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat menentukan market place yang disesuaikan dengan target pengguna aplikasi yang dibuat.

MIT App Inventor

Aplikasi ini memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya, yaitu terdapat tutorial penggunaan, adanya fitur Teach yang dapat memudahkan Anda mengajarkan software ini pada orang lain, terdapat forum diskusi, dan tentu saja kemudahan dalam mengoperasikannya.

Empat kemudahan tersebut tentu dapat memberikan daya tarik bagi para programer baru yang ingin membuat aplikasi Android yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tanpa menggunakan bahasa pemrograman, Anda dapat langsung mengeksekusi ide dan mengasah kemampuan Anda hingga tercipta produk baru.

5 software PC untuk membuat aplikasi Android tersebut dapat membantu Anda menjadi seorang kreator dalam dunia digital. Menebarkan manfaat dengan menciptakan aplikasi yang dapat memberi kemudanan melalui aplikasi Android.

Gambar header xda-developers.

Pc
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru