5 Persiapan Penting Sebelum Membuat Podcast

Persiapan yang baik akan menentukan hasil akhirnya
microphone-2618102_960_720

Podcast sedang banyak dilirik, sehingga tak mengherankan jika geliat industri ini semakin menggairahkan. Iklim positif ini tak hanya disebabkan oleh pelakunya yang mulai aware, tapi juga diikuti oleh tumbuhnya platform itu sendiri yang muncul dalam berbagai macam skema dan nama.

Buat Anda yang barangkali menangkap tren ini dan berencana untuk terjun dini, sekarang adalah momentum yang tepat sebelum pasar jauh bertumbuh. Karena saat itulah Anda sudah menjadi salah satu penyiar top dengan niche yang Anda pilih. Tapi, sebelum memulai ada 5 hal penting yang harus disiapkan terlebih dahulu agar rencana Anda berjalan mulus.

Persiapkan Perkakas Anda

Seperti halnya petani yang membutuhkan cangkul, seorang podcaster juga membutuhkan perlengkapan untuk mendukung pekerjaannya. Ada dua perlengkapan standar yang wajib dipunyai podcaster, yaitu smartphone atau alat perekam lain, mikrofon, Pop filter jika ada, PC/laptop dan software editing audio.

microphone-2469297_960_720

Hampir sebagian besar smartphone mempunyai aplikasi perekam suara, tapi jika Anda menginginkan kualitas yang lebih baik, coba baca tutorial yang pernah ditulis di sini.

Sedangkan untuk software editing audio, Anda bisa menggunakan Logic Pro X atau Adobe Audition.

Temukan Ceruk yang Tepat

Seringkali, dan memang sudah semestinya demikian, bahwa untuk menentukan ceruk yang ideal adalah dengan melemparkan pertanyaan kembali kepada diri sendiri, “Anda bisanya apa?”, atau “Anda suka membicarakan apa?”.

Misalnya, Anda suka dengan dunia fotografi. Maka, bahaslah sesuatu yang berkaitan dengan fotografi secara konsisten. Pendengar Anda sudah barang tentu hanya ingin mendengarkan topik yang secara rapi dan konsisten disuguhkan, bukan campuran topik yang tidak berhubungan satu sama lain.

Buat Daftar Ide

checklist-2077023_960_720

Setelah ceruk ditemukan, sekarang saatnya untuk menemukan ide seputar ceruk tersebut. Ambil pena dan kertas, atau tablet lebih baik. Buatlah minimal 5 daftar ide yang akan menjadi bahasan Anda selama 2 minggu atau satu bulan ke depan. Barisan ide ini sekaligus menjadi target Anda, agar menyelesaikannya secara berurutan dan teratur.

Manfaat lain dari cara ini, Anda lebih mampu untuk mengelola waktu dan pikiran. Podcast pun tetap berjalan tanpa harus terhenti di tengah pekan karena Anda kehabisan bahan.

Susun Narasi Dalam Bentuk Script

paper-2199502_960_720

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa tak ada pola atau ramuan yang tepat untuk menuliskan script. Sebab pada praktiknya, hasil audio yang didapat tidak 100% cocok dengan script yang sudah disusun. Pendapat ini tak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Script memberikan banyak benefit, antara lain:

  • Membantu pembawa acara untuk mengatur tempo narasi.
  • Membuat percakapan atau rekaman lebih tersusun rapi mulai dari pembukaan, pembahasan utama hingga penutup.
  • Script juga membantu Anda untuk mengetahui durasi yang dibutuhkan untuk satu sesi rekaman.
  • Script membuat obrolan lebih terarah, tidak melenceng ke mana-mana.

Perhatikan Detail Kecil

Hal sepele berikut ini sekilas tak begitu penting, tapi sebaiknya dilakukan agar hasil podcast Anda terdengar rapi.

  • Matikan fitur auto sync di smartphone Anda untuk mencegah notifikasi masuk dan membuat perangkat terbebani.
  • Matikan dan tutup aplikasi berat, karena ia dapat membuat aplikasi perekam suara terganggu performanya.
  • Matikan notifikasi smartphone.
  • Lakukan ujicoba untuk memastikan suara Anda terekam dengan baik.

Merekam podcast butuh kesabaran, apalagi jika ini adalah pengalaman yang sama sekali baru untuk Anda. Tapi, semua butuh proses, kan? Dan proses itu tidak akan dilalui jika Anda tidak mulai sekarang. So, just do it!

Gambar header Pixabay.

Tips
Placement Ads
Artikel Terbaru