5 Persiapan Membangun Web Toko Online yang Sukses

Toko online menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dewasa ini

Membangun bisnis online mewajibkan Anda untuk memiliki etalasenya yang bernama website toko online. Istilah kerennya olshop. Sama seperti membangun toko fisik, Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum toko siap digunakan.

Nah, berikut ini adalah 5 persiapan yang wajib diperhatikan saat membangun toko online untuk produk-produk Anda.

Domain

Credit: Pixabay.com

Domain adalah peralatan paling wajib untuk membangun toko online. Tanpanya, mustahil toko online dapat dijalankan.

Domain menjadi nama dari toko Anda, berfungsi sebagai identitas yang akan diingat oleh konsumen dan juga jadi brand atas produk-produk Anda.

Sebagai identitas toko, maka sangat penting untuk cek domain website yang unik. Dengan domain yang unik, tentu saja orang-orang lebih mudah mengenal dan mengingat toko online Anda.

Ibarat toko fisik, domain ini adalah nama tokonya yang biasanya terpampang besar di depan toko atau di pinggir jalan. Dengannya, calon pembeli dengan mudah mengenali, “Oh ini dia tokonya!”

Untuk mempersiapkan domain, Anda perlu memperhatikan soal pemilihan nama dan juga ekstensi. Lalu yang tak kalah penting, Anda bisa memanfaatkan promo domain untuk memperoleh harga terbaik.

Hosting

Credit: Pixabay.com

Sedangkan hosting adalah bangunan fisik tempat untuk menyimpan barang-barang dagangan Anda. Dalam konteks toko online, ini adalah server fisik yang nantinya akan menampung foto, deskripsi produk, video, desain dan semua file-file di toko online Anda. Makanya, hosting biasanya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, mulai 500MB hingga ratusan gigabyte.

Jenis hosting juga beda-beda, ada yang shared, VPS dan juga dedicated. Shared, artinya dipakai bersama-sama tapi asalkan Anda memilih hosting yang berkualitas, shared sudah sangat cukup. VPS ini sedikit lebih baik, apalagi jika Anda membeli VPS Indonesia berkualitas baik, maka performa toko online juga akan lebih baik. Terakhir, dedicated ini berarti Anda menyewa satu server seorang diri, sehingga tentunya akan jauh lebih nyaman.

CMS

CMS menjadi sangat penting karena hosting dan domain tidak dapat berjalan tanpa ketersediaan CMS. Ini adalah panel tatap muka yang nantinya jadi ruang bagi Anda untuk mengelola toko.

CMS untuk toko online tersedia dalam banyak pilihan, dari yang gratis hingga yang freemium. Antara lain: Ada WordPress, Prestashop, Magento, Shopify, OpenCart, AbanteCart, osCommerce, Cubecart dan lain sebagainya.

Template

Aktivitas memilih domain bukan satu-satunya daftar pekerjaan yang memakan waktu. Menentukan template pun tak kalah menyita waktu. Sayangnya, banyak pelaku bisnis online yang menganggap template tidak terlalu penting dan tenggelam pada hal kecil lain yang sifatnya tidak urgent.

Template akan menentukan seberapa cantik tampilan toko online Anda. Tampilan yang cantik dan rapi akan memberikan kesan profesional di mata calon pembeli. Ketika rasa percaya itu muncul, maka kesempatan closing akan lebih besar.

Walau begitu, hindari menggunakan template yang terlalu rumit dan neko-neko, walaupun terlihat sedikit keren. Gunakanlah template yang rapi, mudah diakses dan menonjolkan produk Anda ketimbang hanya hiasan-hiasan yang justru akan mengalihkan perhatian calon pembeli.

Konten

Banyak yang sering melupakan konten dalam mempersiapkan toko online-nya. Padahal, toko online tanpa konten yang layak akan berdampak buruk dalam jangka panjang.

Credit: Bannersnack.com

Konten yang saya maksudkan mencakup semua hal, antara lain:

  • Foto produk yang baik
  • Deskripsi produk
  • Video promosi
  • Poster produk
  • Banner
  • Konten untuk profil
  • Konten media sosial saat situs diluncurkan
  • Konten artikel

Semua konten ini hendaknya dipersiapkan sembari teknisi atau developer mengerjakan toko online Anda. Sehingga ketika CMS sudah siap pakai, Anda tinggal mengunggah konten-konten di atas secara berkala dan terstruktur.

Itu dia 5 persiapan penting dalam membangun website toko online. Semoga rencana Anda berjalan mulus sampai hari peluncuran ya.

Gambar header Pixabay.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru