5 Aplikasi File Manager Android yang Layak Dicoba

Mengelola file makin mudah dan leluasa
file manager android

File manager menjadi sangat penting bagi banyak pengguna android untuk mengatur file dengan mudah, sehingga memori smartphone dapat digunakan dengan maksimal.

File manager Android juga punya peran yang vital untuk mendukung berbagai kegiatan, mulai yang sifatnya produktif ataupun untuk aktivitas keseharian seperti memindahkan file, menyalin, menghapus file tak penting, dan lain-lain.

Nah, berikut ini adalah daftar 5 aplikasi file manager untuk Android yang bisa Anda jadikan alat bantu melakukan tugas-tugas semacam itu.

Files by Google

Setelah bertahun-tahun hadir tanpa memiliki pengelola file asli di android, Google memutuskan untuk membuat alat pembersih yang fantastis untuk membebaskan ruang pada perangkat Anda. Jika yang Anda butuhkan adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus cache dan backup data internal atau eksternal ponsel Anda, Files by Google berada di peringkat pertama.

Dengan rating 4,6 pada Google Play, Files by Google terbukti menjadi yang sering digunakan untuk memindahkan file, menghapus aplikasi yang jarang digunakan, dan bisa membagikan dokumen secara offline. Files by Google adalah aplikasi 9.6MB yang sederhana dan sangat mudah digunakan, serta mencakup opsi dasar yang dibutuhkan oleh setiap pengguna.

MK Explorer

MK Explorer adalah alat sederhana, dengan desain yang jelas dan mudah digunakan, yang dalam masa hidupnya telah mengumpulkan lebih dari setengah juta unduhan dan peringkat positif dari publik. Penjelajah file klasik di android ini mendapat skor 4,6 dari 5 dalam Google .

Fungsinya mencakup kemungkinan melakukan beberapa tindakan secara bersamaan berkat multi-jendela terintegrasi, dukungan lengkap untuk file terkompresi, mesin pencari canggih, pemutar video, audio, galeri dan editor. MK Explorer dapat diunduh secara gratis.

Amaze File Manager

Tak jauh berbeda dengan MK Explorer, Amaze File Manager menonjol karena desainnya yang sederhana dan interface sepenuhnya dapat disesuaikan. Secara logis, fungsi-fungsi penting dari jenis aplikasi ini cukup bagus, seperti kemungkinan menyalin, memindah, menghapus, mengkompresi file, dan SMB file sharing.

Aplikasi open source ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih lainnya seperti mode multi-jendela, browser root, manajer aplikasi untuk mengekstrak file APK dan banyak lagi.

MiXPlorer

Menurut penciptanya, MiXplorer adalah pengelola file android yang cepat, halus, andal, dan lengkap dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif. Aplikasi yang mendapat skor 4,6 ini bisa Anda dapatkan gratis di Google Play dan kompatibel dengan perangkat android apapun (dengan versi android 2.0 atau yang lebih baru).

Aplikasi ini memungkinkan integrasi dengan Google Drive dan transfer FTP. Kelebihan lain adalah bahwa, begitu Anda membuka folder dokumen, file dapat dilihat sesuai format berdasarkan PDF, Word, Excel, PPT, dan lainnya.

Solid Explorer File Manager

Tak hanya populer, Solid Explorer memiliki interface yang dapat disesuaikan di beberapa operasi pada saat yang sama berkat mode dua kolom. Aplikasi ini menggabungkan dukungan untuk FTP, SFTP, WebDav, SMB atau CIFS untuk melakukan operasi jaringan, dan menggabungkan manajer dokumen terkompresi.

Solid Explorer juga dilengkapi layanan cloud storage, chromecast, browser multimedia, akses root, dan add-on yang dapat diunduh melalui Google Play untuk lebih memeras kemampuan browser gratis ini. Kemampuan aplikasi ini telah dijamin oleh lebih dari satu juta instalasi untuk fungsi dan pengalaman pengguna.

Dengan berlalunya waktu banyak aplikasi telah muncul dalam kategori ini. Namun 5 aplikasi file manager android di atas adalah pilihan yang baik untuk pengguna yang mencari cara untuk mengatur semua file di perangkat dan memiliki akses ke memori dengan mudah.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru