5 Aplikasi e-Money di Indonesia yang Paling Dikenal

Dari Ovo hingga Doku
013f8f1e-a32a-42d8-9c96-6e80afcaab31

Tingginya transaksi menggunakan uang elektronik juga dibuktikan oleh survey Bank Indonesia, di mana pada tahun 2018 saja, transaksinya sudah mencapai 4 milyar rupiah. Penggunaan e-money sangat mudah dan praktis. Ini yang menjadi faktor utama mengapa banyak orang memilih menggunakan eMoney ketimbang metode pembayaran lain.

Berikut ini aplikasi e-money populer di Indonesia dan sudah digunakan oleh banyak orang.

OVO

Aplikasi ini sangat populer dikalangan Anak nuda yang mulai merintis usahanya sendiri. Banyak toko online yang menyediakan pembayaran melalui saldo OVO. Aplikasi ini sebenarnya adalah milik Lippo Group. Kepopulerannya tersebut disebabkan oleh OVO yang bekerja sama dengan berbagai macam merchant. Misalnya fashion, food & beverages, transportasi, travel, dan masih banyak lagi.

LinkAja

Aplikasi ini dulunya merupakan aplikasi T-cash milik Telkomsel. Kemudian pada awal 2019, LinkAja menggantikan aplikasi T-cash. Aplikasi ini langsung populer hingga mendapatkan 5 juta unduhan di playstore. Hal ini karena LinkAja bisa digunakan untuk keperluan apapun seperti membeli pulsa, membayar makanan, belanja online, dan lain sebagainya.

Gopay

Gopay adalah aplikasi yang diciptakan oleh perusahaan anak negeri yaitu Gojek. Alat transportasi populer ini menciptakan aplikasi e-money sendiri untuk pembayarannya. Gopay ini bisa digunakan untuk  setiap layanan pada aplikasi Gojek misalnya Goride, Gofood, Gosend dan lain-lain. Namun tidak bisa digunakan untuk transaksi diluar aplikasi tersebut.

DANA

DANA adalah aplikasi dompet digital yang juga populer di Indonesia. Di playstore saja, aplikasi ini sudah di unduh sebanyak lebih dari 5 juta kali dengan rating yang lumayan bagus. Keunggulan aplikasi ini dibanding yang lainnya adalah karena DANA bisa digunakan untuk bermacam keperluan seperti membeli voucher game, paket internet, membayar pajak, BPJS, listrik dan masih banyak lagi.

DOKU

DOKU ini merupakan aplikasi e-money yang sudah lama ada di Indonesia. Diciptakan pada tahun 2007 dengan nama NSIA Pay. Kemudian pada tahun 2010 nama NSIA Pay diganti menjadi DOKU.

Aplikasi ini juga memudahkan dalam bertransaksi e-money. Fasilitasnya beragam, mulai dari membayar tiket KAI, citilink, berbelanja online di Aliexpress, Alfaonline dan lain sebagainya. Doku juga bisa digunakan sebagai dompet elektronik pengganti paypal.

Demikianlah 5 aplikasi e-money yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Apakah Anda merupakan pengguna dari salah satu aplikasi di atas?  Jika iya, walaupun mudah dan praktis, Anda juga harus tetap berhati-hati dalam memakainya.

Gambar header Detik.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru