5 Alat Tempur yang Wajib Disiapkan untuk Menjadi Podcaster

Walaupun tidak harus ada semua, tapi ini wajib jadi shopping list di kemudian hari
peralatan wajib podcaster

Setelah paham betul apa yang harus dipersiapkan di awal perencanaan pembuatan podcast yang kita bahas pekan lalu. Sekarang, kita akan bahas beberapa peralatan yang sekiranya dipersiapkan juga saat mulai serius menggeluti dunia siaran podcast.

Mikrofon

Yap, jelas dong. Mikrofon adalah senjata wajib pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai podcast. Tak peduli peralatan apa yang Anda gunakan untuk merekam, mikrofon harus tetap ada. Tujuannya satu, agar suara yang keluar dari Anda dan rekan tertangkap dengan jelas oleh perekam dan pada akhirnya dapat didengarkan dengan baik oleh audiens.

mic-4250217_960_720
image via Pixabay.com

Untuk jenisnya ada banyak sekali, tapi pastikan Anda membeli mikrofon USB supaya suara secara otomatis akan terkonversi ke bentuk digital. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membeli konektor XLR. Untuk modelnya, Anda bisa membeli misalnya mikrofon USB dari Snowball. Atau jika kesulitan mendapatakannya, Anda bisa membeli salah satu dari tiga opsi ini: Rode NT-USB, Audio Technica AT2020USB+ atau Blue Yeti.

Stand Mikrofon

61009kH5wEL._SL1500_
image via Amazon.com

Sebagian besar mikrofon yang khusus dirancang untuk podcast sudah disertai dengan stand, tapi mayoritas ukurannya kecil atau pendek. Sehingga Anda tidak dapat melakukan penyesuaian tinggi dan jarak semaunya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membeli stand mikrofon yang ukuraanya tepat dan fleksibel.

Pop Filter Mikrofon

Pop Filter Mikrofon
image via Pixabay.com

Alat ini ukurannya kecil, dan kadang terkesan tidak punya manfaat. Tapi, jangan salah. Benda kecil ini justru mampu meningkatkan kualitas suara yang masuk ke dalam alat perekam. Pop filter ini berfungsi meredam suara yang dihasilkan oleh hembusan suara ketika Anda mengucapkan beberapa kata yang secara natural menyebabkan hembusan angin, misalnya kata berawalan P, B, M dan lain sebagainya.

Software

AudacityPortable

Keempat, Anda juga butuh peralatan non-fisik berupa software perekam suara yang biasanya berfungsi sebagai mixer. Ada banyak pilihan, dari yang murah hingga jutaan. Untuk pemula, pilihannya jatuh ke beberapa opsi antara lain:

  • Audacity
  • Wavepad
  • IndovoiceOver
  • Ocenaudio
  • GarageBand untuk pengguna Mac.

Tetapi jika Anda punya modal lebih, Anda bisa menggunakan Adobe Audition dengan biaya berlangganan sebesar $20 per bulan. Atau Anda juga bisa membeli lisensi Digital Audio Workstation (DAW) dengan kisaran biaya di kisaran $300 hingga $900.

Smartphone

1414692_14fc_4
image via udemy.com

Smartphone memang bukan alat yang ideal untuk membuat podcast, tapi ini adalah pilihan paling nyaman ketika Anda harus membuat podcast di luar ruangan, misalnya mewawancarai seseorang di tempat kerjanya atau di tempat lain yang tidak memungkinkan membawa semua peralatan.

Bahkan di studio khusus yang sudah Anda siapkan pun, smartphone bisa dimanfaatkan untuk alat pendukung atau backup.

Selain kelimat peralatan di atas, Anda juga butuh tambahan laptop atau desktop. Rasanya ini tidak bisa disingkirkan dan memang sudah semestinya dipersiapkan.

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru