4 Aplikasi Perekam Layar Gratis untuk Windows

Pilihan terbaik dengan interface yang friendly untuk pengguna pemula
Aplikasi perekam layar windows

Selain aplikasi edit video, ada satu kategori produk piranti lunak yang dihuni sedikit pemain tapi mempunyai pangsa pasar yang cukup besar, yaitu aplikasi perekam layar.

Beberapa pengembang software bahkan dengan berani merancang aplikasi edit video yang dibarengi juga dengan fitur perekam video. Berikut ini adalah beberapa aplikasi perekam layar untuk Windows yang bisa dipakai secara gratis.

Open Broadcaster Software

Aplikasi perekam layar gratisan yang pertama adalah Open Broadcaster Software, sebuah piranti lunak open source yang menawarkan fitur cukup lengkap. Format video yang dihasilkan oleh Open Broadcaster Software adalah versi MP4 dan FLV serta mendukung berbagai platform mulai Windows hingga Linux.

Yang menarik, Open Broadcaster Software sudah mendukung berbagai caption, filter dan tema. Memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Ezvid Video Maker

Ezvid Video Maker menawarkan fitur perekaman layar selama 45 menit lengkap pula dengan fitur yang dapat digunakan untuk menjernihkan suara. Selain itu, untuk keperluan SEO, Ezvid Video Maker bahkan menambahkan panel untuk menyisipkan kata kunci, meta, deskripsi dan judul.

Perekaman video dengan Ezvid Video Maker juga bisa langsung diunggah ke YouTube sehingga membuat tugas Anda jauh lebih efekfit dan efisien. Meski interface-nya sederhana, Ezvid Video Maker masih sangat recommended untuk pengguna PC Windows.

Apowersoft Free Online Screen Recorder

Tools yang satu ini bukan berbentuk software, tapi lebih ke sebuah platform karena bisa Anda akses menggunakan browser. Tapi, kabar baiknya sekarang pengembang Apowersoft Free Online Screen Recorder juga sudah menawarkan versi desktop yang bisa diunduh di situs resminya.

Apowersoft Free Online Screen Recorder terbilang fleksibel dan mudah digunakan, video yang dihasilkan terdiri dari beberapa opsi antara lain format MP4, WMV. AVI dan MOV yang masih bisa dikonversi menggunakan add-on yang disediakan. Kabar baiknya, video hasil rekaman Apowersoft Free Online Screen Recorder versi gratis tidak menampilkan watermark, jadi bisa dipakai secara leluasa.

Icecream Screen Recorder

Aplikasi perekam layar ini tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, segala kebutuhan pemula dipenuhi seperti fitur anotasi, pengaturan area rekaman, dukungan shortkey, shortcut, dan yang paling menonjol adalah kemudahaan penggunaan.

Karena interface-nya yang sangat friendly, aplikasi Icecream Screen Recorder ini sangat direkomendasikan untuk pengguna pemula. Sayangnya, versi gratis aplikasi perekam layar ini hanya bisa digunakan untuk video berdurasi 10 menit.

Itu dia beberapa aplikasi perekam layar untuk Windows gratis yang bisa Anda coba pakai. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel tips berikutnya.

Gambar header Microsoft.

Pc
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru