4 Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows

Salah satunya dengan menggunakan PDF Viewer di browser
4 Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows

Adobe PDF Reader masih jadi rujukan paling favorit ketika seseorang bertanya tentang pilihan-pilihan terbaik pembaca dokumen PDF. Tetapi jika opsinya menyempit pada resource perangkat, label harga dan kesederhaan maka Adobe Reader jelas yang tersingkir di ronder pertama.

Justru, nama-nama berikut ini yang muncul sebagai rekomendasi terbaik.

Sumatra PDF

Sumatra PDF

Di daftar pertama adalah Sumatra PDF, aplikasi PDF reader untuk Windows yang hanya berukuran kurang dari 5MB. Kendati fitur-fiturnya tak selengkap Adobe atau bahkan Nitro PDF, aplikasi ini sudah lebih dari cukup jika penggunannya hanya sebatas untuk membaca dokumen PDF. Malahan, karena fiturnya yang minimalis, aplikasi mampu menampilkan teks secara optimal, memanfaatkan bentang layar yang memang lebih dibutuhkan saat membaca.

SlimPDF Reader

SlimPDF Reader

Opsi pembaca dokumen PDF ringan kedua adalah SlimPDF Reader, aplikasi PDF yang sudah cukup lama dan masih jadi favorit pengguna yang memburu alternatif dari Adobe Reader yang berat. Kapasitas file-nya juga kurang dari 5MB, bandingkan dengan Adobe yang mencapai 150MB bahkan lebih saat disiram update terbaru.

Foxit Reader

Foxit Reader, aplikasi pembaca dan pembuat dokumen PDF serbaguna

Foxit Reader tidak seringan dua aplikasi PDF reader di atas, tapi masih jauh lebih ringan ketimbang kepunyaan Adobe. Versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk dipakai membuka dokumen PDF, kendati ia juga menawarkan fitur lebih dalam paket harga yang berbeda.

Browser PDF Reader Built-in

cara-mematikan-pdf-viewer-di-browser-chrome-firefox-yasir252

Terakhir, yang sering tak disadari oleh banyak pengguna, bahwa kini sebagian besar peramban yang terpasang di perangkat Anda sudah dilengkapi dengan fungsi pembaca dokumen PDF. Artinya, tanpa mengunduh atau menginstall satu aplikasi PDF Reader sekalipun, Anda bisa membukanya menggunakan browser yang ada. Cukup klik kanan – Open With – pilih browser favorit Anda.

Jika Anda hanya butuh untuk membuka dan membaca isi dokumen PDF, sejatinya Anda tidak membutuhkan aplikasi apapun. Cukup dengan browser Firefox, Mozilla atau Opera.

Tetapi jika Anda juga membutuhkan fungsi lain, misalnya membuat dokumen PDF atau mengedit dokumen PDF, maka Anda butuh aplikasi yang lebih kompleks.

Gambar header Pixabay.

Pc
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru