Verifikasi Akun Twitter untuk Publik Kembali Dibuka

Verifikasi Akun Twitter untuk Publik Kembali Dibuka

Bersamaan dengan mulai dilaksanakannya kebijakan baru terkait kelayakan verifikasi atas akun, Twitter kembali membuka proses verifikasi (atau centang biru) dengan proser yang telah diperbaharui.

Centang biru pada akun Twitter sering kali dianggap sebagai salah satu tanda untuk menjadikan akun Twitter Anda lebih keren, namun sebenarnya tanda ini adalah tanda yang digunakan Twitter untuk membantu orang dalam mengindentifikasi keaslian akun yang diminati oleh publik.

Secara tidak langsung memang menjadikan akun tersebut lebih keren karena dengan tanda ini maka akun bisa terlihat lebih kredibel. Tujuan akhir dari penerapan tanda ini tentunya adalah menciptakan percakapan yang lebih sehat dan terinformasi.

Dikutip dari rilis resmi: “Dengan peluncuran proses aplikasi verifikasi hari ini, Twitter juga memperkenalkan panduan terbaru untuk akun terverifikasi. Panduan verifikasi ini bertujuan untuk mendorong percakapan yang lebih sehat di Twitter. Panduan ini dirancang berdasarkan pandangan filosofis untuk memberikan contoh yang baik kepada yang lain, menge-Tweet tentang orang lain sebagaimana orang tersebut ingin di-Tweet, serta melayani percakapan publik secara otentik, rasa hormat, dan penuh pertimbangan. Semua akun, termasuk akun terverifikasi, harus mematuhi Peraturan Twitter. Akun terverifikasi yang berulang kali melanggar Peraturan Twitter akan menghadapi kemungkinan penghapusan lencana biru mereka.”

Lalu siapa saja yang bisa tau berhak untuk mendapatkan centang biru ini. Twitter menyebutkan antara lain adalah akun tersebut adalah masuk dalam kategori
: pemerintahan, perusahaan, merek dagang dan organisasi, organisasi berita dan jurnali, dunia hiburan, olahraga dan gaming, aktivis, penyelenggara acara dan individu berpengaruh lainnya.

Selain masuk pada kriteris khusus yang juga ada di kebijakan verifikasi, akun yang ingin mendapatkan lencana atau centang biru ini juga harus memiliki nama tampilan, foto profil, dan alamat email atau nomor ponsel yang terverifikasi. Akun juga harus aktif dalam enam bulan terakhir dan memiliki catatan kepatuhan atas perarturan Twitter.

Nantinya semua pengguna Twitter akan bisa melihat proses verifikasi ini langsng di tab pengaturan akun. Peluncuran akan bertahap untuk semua penggua Twitter.

Untuk alurnya sendiri, Anda bisa melihat di bawah:

Nanti akan ada email tanggapan dari Twitter dan jika disetujui maka centang biru akan muncul otomatis di akun. Jika ditolak, pengguna bisa mengajukan permohonan ulang secara 30 haru dari email tanggalan pertama.

Jika Anda belum masuk kategori yang telah disebutkan, jangan sedih karena Twitter akan terus menambah kategori lain, seperti untuk ilmuwan, akademisi, dan pemuka agama.

Info lengkap tentang pengumuman ini bisa dilihat di sini dan kebijakan privasi baru di sini.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *