3 Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia yang Error di Perangkat Android

Penyebabnya banyak, tapi solusinya juga banyak
Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Tidak Bisa Dibuka 1

Seperti halnya aplikasi lain, aplikasi Tokopedia yang terpasang di perangkat Android tak akan luput dari yang namanya error. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena jaringan yang kurang stabil, perangkat yang kepenuhan, server yang sedang down atau masalah yang berhubungan dengan internal Tokopedia.

Tapi Anda tidak perlu risau, karena solusinya juga tersedia dalam beberapa alternatif. Seperti yang akan kita bahas di artikel ini, ada 3 cara mengatasi aplikasi Tokopedia yang error atau gagal berjalan.

Update Aplikasi

Ini merupakan solusi paling mudah tapi tak sedikit pengguna Tokopedia yang menyadarinya. Melakukan pembaruan seringkali jadi jalan keluar praktis saat aplikasi mengalami gangguan atau masalah. Pasanya di versi terbaru, pengembang Tokopedia biasanya selain melakukan peluncuran fitur baru, juga melakukan perbaikan dan penambalan untuk bugs atau celah keamanan di versi lamanya.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia yang Error di Perangkat Android (1)

Jadi, ketika Tokopedia di perangkat Anda rewel dan tidak mau jalan, cobalah masuk ke Play Store kemudian update dahulu aplikasinya. Barangkali, setelah diupdate masalah pun ikut lenyap.

Hapus Cache

Berikutnya, Anda juga bisa menghapus cache yang tertinggal di dalam perangkat. Apabila Anda hanya secara spesifik mengalami masalah di aplikasi Tokopedia, maka Anda bisa menghapus cache yang juga spesifik hanya di aplikasi Tokopedia.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia yang Error di Perangkat Android (4)

Caranya, buka menu Setting – Apps atau Manajer Aplikasi, cari Tokopedia kemudian tap tombol Clear Cache. Selesai.

Sekarang, coba jalankan kembali aplikasi Tokopedia dan lihat hasilnya.

Hapus Data

Solusi berikutnya jika ternyata dua cara di atas gagal menyelesaikan permasalahan di perangkat Anda adalah dengan menghapus seluruh data di dalamnya.

Tetapi cara ini juga mendatangkan konsekuensi tersendiri, karena Anda harus melakukan login seperti pertama kali menggunakan Tokopedia, melakukan verifikasi lagi baik dengan nomor ponsel ataupun email. Tapi, selama masalahnya terselesaikan, cara ini layak untuk dicoba.

Sama, buka menu Settings – Apps atau App Manager, kemudian temukan aplikasi Tokopedia dan tap Clear Data.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia yang Error di Perangkat Android (3)

Di beberapa perangkat, Anda harus masuk ke Storage dulu baru tap Clear Data.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia yang Error di Perangkat Android (4)

Setelah data dihapus, jalankan kembali aplikasi Tokopedia dan login menggunakan Anda Anda.

Nah, selain 3 cara di atas. Ada beberapa hal yang juga bisa pertimbangan untuk menyelesaikan error di Tokopedia, antara lain:

  • Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat selama 30 detik, kemudian matikan kembali.
  • Anda juga bisa mencoba untuk merestart perangkat. Di banyak kasus, restart berhasil menyelesaikan beberapa masalah, termasuk Tokopedia yang error.
  • Anda bisa mengakses Tokopedia dari browser jika memang dalam kondisi urgent. Ini bisa jadi solusi alternatif menjelang masalah sebenarnya ditemukan.
  • Install ulang aplikasi, ini juga bisa jadi solusi alternatif.

Demikian, semoga masalah yang Anda hadapi bisa terselesaikan dengan tips-tips di atas.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru